Kamis, 02 Mei 2013

SANITASI KEBUN KAKAO


Sanitasi Kebun Kakao
Sanitasi atau pembersihan adalah tindakan pembersihan areal perkebunan kakao dari segala sampah seperti ranting, cabang dan daun serta bahan lain yang tidak diinginkan. Bahan lain disini adalah sisa-sisa kulit buah hasil panen termasuk juga buah kakao yang terserang hama penyakit. Disamping itu dilakukan juga pembersihan terhadap gulma atau rumput, biasanya pada tanaman kakao yang telah menghasilkan atau tajuk tanaman kakao yang sudah besar tidak mampu memberi ruang terhadap rumput atau gulma untuk tumbuh.

Tujuan dari sanitasi kebun kakao adalah untuk:
  1. Membersihkan kebun kakao agar terlihat bersih dan enak dipandang.
  2. Mengendalikan hama kakao, jika kotor maka hama menjadi sarang bagi hama untuk berkembang biak.
  3. Mengumpulkan sampah kakao untuk dijadikan pupuk kompos, seperti daun dan kulit buah sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kompos.
Beberapa cara sanitasi kebun kakao:
@ Menanam kulit buah kakao yang sudah dipanen ke dalam tanah.
@ Memasukkan kulit-kulit buah kakao ke dalam kantong plastik besar dan mengikatnya kuat dan dibuang ketempat sampah.
@ Menutup kulit-kulit buah sisa panen dengan plastik lembaran lebar (terpal) yang tidak bocor kemudian bagian tengahnya ditimbun dengan tanah. Tujuannya adalah agar larva yang masih terbawa pada kulit-kulit buah sisa panen tersebut tidak berkembang biak dan mati. Cara ini sangat ampuh untuk memutuskan siklus hidup hama penggerek buah kakao (PBK) .
@ Memanen atau memetik buah-buah kakao yang terserang penyakit seperti buah yang busuk, buah yang hitam dan kering atau buah-buah yang terserang hama lain, kemudian ditempatkan pada tempat-tempat tertentu dan dimusnahkan.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................