Kamis, 02 Mei 2013

PENYAKIT AKAR PADA TANAMAN KAKAO


Penyakit Akar Pada Tanaman Kakao

Bagi para petani kakao, serangan penyakit ini mungkin tidak asing lagi. Penyakit yang sering disebut penyakit akar ini menyebabkan kematian pada tanaman kakao. Untuk itu dibutuhkan penangganan yang baik dengan mengetahui gejala serangan, bagaimana penyebaran penyakitnya dan cara pengendaliannya.
Penyakit akar ini merupakan salah satu penyakit utama yang menyerang tanaman kakao.



Gejala Serangan
@ Tiga jenis penyakit akar yang menyerang tanaman kakao yaitu; penyakit akar merah, penyakit akar coklat dan penyakit akar putih. Gejala diatas tanah dari ketiga jenis penyakit akar ini adalah sama. Mula-mula daun menguning, layu dan akhirnya gugur, kemudian diikuti oleh kematian tanaman.
@ Untuk mengetahui patogennya dengan tepat harus melalui pemeriksaan akar.

Penyebaran
@ Penyakit akar merah disebabkan oleh jamur Ganoderma Pseudoforeum (Wakef) Ov. et Stein. Penularannya dengan kontak akar sakit dengan tanaman yang sehat.
@ Penyakit akar coklat disebabkan oleh jamur Phellinus Noxius Corner. Penularannya dengan kontak akar sakit dengan tanaman yang sehat akan tetapi sangat lambat.
@ penyakit akat putih disebabkan oleh jamur Fomes Lignosus Kloffzch. Penularannya dengan perantara Rhizomorf. Rhizomorf tersebut dapat menjalar bebas di dalam atau di atas tanah, terlepas dari akar-akar tanaman.


Pengendalian
@ Tanaman yang telah mati harus dibongkar berikut akar-akarnya sampai bersih. Pada lubang bekas bongkaran diberi belerang sebanyak kurang lebih 600 gram. Lubang tersebut tidak ditanami selama paling tidak satu tahun.
@ Untuk mencegah penyebaran ke tanaman lain, perlu dibuat parit isolasi sedalam 80 cm dengan lebar 30 cm pada daerah satu baris diluar tanaman yang mati.
@ Tanaman disekitar tanaman yang mati diperiksa akar tunggangnya. Pada serangan awal tampak adanya Miselium atau Rhizomorf pada permukaan akar atau leher akar. Miselium tersebut dibersihkan dengan sikat kemudian dioles dengan fungisida khusus jamur akar seperti Tridemorf (Calixin CP), PCNB (Shell Collar Protectan, Ingro Pasta 20 PA), dll.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................