Kamis, 02 Mei 2013

DASAR KEORGANISASIAN


DASAR KEORGANISASIAN

DEFINISI ORGANISASI
Organisasi berasal dari bahasa sangsekerta yang terdiri dari
Organ (Tubuh) dan isasi (Bagian)
Orgaisasi menurut istilah adalah dapat dilihat dari beberapa pendapat:
a.       Menurut Chester I Bernard organisasi adalah suatu sistim mengenai usaha-usaha kerjasama yang dilakukan oleh dua orang
b.       Menurut james D Ibooney organisasi adalah setiap bentuk perserikatan manusia untuk mencapai  suatu maksud bersama atau tujuan umum
Dari kedua defenisi diatas maka kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa organisasi adalah sesuatu yang dinamis dan merupakan proses pembagian atau petemuan tujuan  serta batasan dengan sistim usaha kerja sama dari para sekelompok orang untuk dapat mencapai tujuan bersama.
Bagian organisasi adalah suatu bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih, yang bekerja sama serta terikat yang termuat adanya tujuan yang ditetapkan bersama dimana didalam nya terdapa seorang atau kelompok orang yang disebut bawahan  yang dinyatakan sebagai bawahan  yang dinyatakan sebagai perserikatan yang hidup  dan berkembang
  • Kemampuan orang-orang
  • Bekerja sama
  • Pencapaian tujuan bersama
NILAI –NILAI DAN SIFAT ORGANISASI
Nilai dari satu organisasi  dapat dilihat dari program kerja  nya yang sudah tersusun , untuk mencapai suksesnya  tergantung tepat tidaknya  penyusunan tata kerja dalam penyelenggaraan kegiatan orgaisasi mempunyai nilai sendiri yaitu:
  1. Organisasi menunjukan adanya pembagian kewibawaan dan tanggung jawab dari pimpinan yang menunjukan suatu rencana dan keaktivan
  2. Organisasi memudahkan terselenggara nya koordinasi , demikian pula kemudahan suatu tim supervise , evaluasi dan bimbingan karena seksi maupun sub seksi mempunyai tanggung jwab sendiri-sendiri.
  3. Organisasi mempercepat tercapainya tujuan sebab setiap bagian dapat bekerja lepas dengan tidak menunggu bagian yang lain dan tanggung jawab dari masing-masing seksi.
PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI
a.       Prinsip Tujuan
Setiap organisasi mutlak adanya  tujuan yang harus  dicapai sebab tanpa tujuan organisasi tidak akan mungkin mencapai sasaran yang diinginkan.
b.       Prinsip kesatuan arah
Prinsip kesatuan arah  adalah semua kegiatan yang memungkinkan dilaksanakan dan meyangkut dana dan tenaga  yang waktunya harus diarahkan kesatu tempat dan terarah untuk mecapai tujuan



Semua aspek diarahkan pada satu tujuan yang diharapkan
c.        Prinsip keseimbangan atau wewenang yang serasi dengan tujuan mana kala lebih besar tujuan akan menimbulkan terjadinya kesewenang-wenangan  artinya antara tujuan dan kewenangan harus seimbang agar tidak menimbulkan ketimpangan dalam organisasi itu sendiri.
BENTUK-BENTUK ORGANISASI
  1. Organisasi Lini
Bentuk organisasi seperti ini dilengkapi  dengan suatu sifat , statusnya bukanlah  sebhagian unsure pimpinan , staf tetapi hanya merupakan suatu penasehat / Pembina dalam organisasi
  1. Organisasi Fungsional
Bentuk Organisasi ini pimpinan unit adalah, golongan fungsional dengan kata lain  seorang diangkat menjabat suatu pimpinan , karena memiliki keahlian , keterampilan sesuai kebutuhan unit yang dipimpinnya.

MANAGEMENT ORGANISASI
Terbentuknya suatu organisasi yang efektif  dapat dilihat dari system manajement yang dijalankannya.
Pengertian dari manajement adalah intisari  dari organisasi yang disebut  Leader ship



Setiap kegiatan manajement adalah kegiatan administrasi tetapi tidak  semua kegiatan administrasi adalah manajement. 
Beberapa Defenisi management sesuai fungsinya :
  1. Manajement adalah proses dimana pelaksanaan dari pada suatu tujuan  tertentu diselenggarakan  dan diawasi.
  2. Manajement  adalah fungsi dan pimpinan menetapkan politik kebijakan.


Funsig pokok administrasi meliputi :
a.       Perencanaan (Planning)
Peranan ini merupakan  suatu perumusan dari pada  persoalan apa dan bagaimana pekerjaan yang ingin dikerjakan /dilaksanakan dan sebelumnya harus mempunyai persiapan ada yang tertulis dan ada pula langsung keluar dari ide . adapun kegiatan yang akan kita laksanakan antara lain.
1.     Menyelidiki masalah atatu pekerjaan yang yang akan kita lakukan
2.     Mengumpulkan data atau keterangan yang diperlukan
3.     Membentuk dan memutuskan masalah bagaimana se bagaimana seharusnya pekerjaan selesai.
b.       Organisasi (Organizing)
Organisasi yaitu pengaturan setelah adanya rencana yang ditentukan  tugas dan pekerjaannya tetang jenis dan sifat pekerjaan.
Fungsi organisasi dapat diartikan dalam beberapa macam  menurut jenisnya:
1.     Memberi struktur utama dalam penempatan personil untuk  melaksanakan pekerjaan contohnya pembentukan suatu panitia siapa yang menjadi pengurus, Pembina dan penasehat dan lain-lain sebagainya.
2.     Menetapkan hubungan antara orang-orang untuk berbuat , menetapkan hak dan kewajiban dari masing-masing anggota untuk mencapai tujuan .
3.     Alat untuk mempersatukan  usaha dan menyelesaikan pekerjaan
c.        Koordinasi (Coordinating)
d.       Komunikasi (Communication)
Komunikasi adapun fungsinya antara lain adalah :
1.     Memberi penerangan bukan fikir dan pengalaman
2.     Menentukan langkah menumbuhkan sikap toleransi
3.     Kesediaan bekerja sama , pengaruh timbal balik dengan musyawarah.

 CIRI ORGANISASI

Ciri-ciri organisasii antara lain memiliki Visi dan Misi
Visi adalah  wawasan yang menjadi  sumber arah bagi organisasi yang digunakan untuk memandu  perumusan misi dengan kata lain visi organisasi adalah pandangan jauh kedepan , kemana organisasi ini akan kita bawah.adapun perumusan visi organisasi adala sebagai berikut:
  1. Mencerminkan apa yang akan dicapai organisasi
  2. Memiliki orientasi pada masa depan organisasi
  3. Menimbulkan komitmen tinggi pada organisasi dari seluruh jajaran  dan lingkungan organisasi
  4. Memeberikan arah dan focus strategi organisasi yang jelas
  5. Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi
Visi ibarat benang merah yang tidak terlihat , yang ditarik sejak awal hingga keadaan terakhir visi pada hakikatnya merupakan pencerminan komitmen-komitmen  kompetensi dan konsistensi.
Misi Organisasi Adalah tindakan merealisasikan  visi organisasi.


ANALISIS ORGANISASI


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................