Kamis, 02 Mei 2013

PEMANGKASAN PRODUKSI PADA TANAMAN KAKAO

Pemangkasan Produksi Pada Tanaman Kakao
Untuk tanaman kakao, melakukan pemangkasan berarti usaha untuk meningkatkan produksi dan mempertahankan umur ekonomis tanaman. Pemangkasan tanaman kakao merupakan kegiatan pemotongan/pembuangan bagian tanaman berupa cabang, ranting dan daun yang tidak kita inginkan bagi pertumbuhan tanaman sehingga akan mempercepat terbentuknya buah.
Setelah membahas jenis pemangkasan bentuk dan pemangkasan pemeliharaan. Jenis pemangkasan selanjutnya adalah pemangkasan produksi.


Dan ini juga merupakan bagian yang terpenting yang harus dilakukan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Pemangkasan produksi pada tanaman kakao bertujuan untuk mengatur agar penyebaran daun produkstif merata dan menekan serangan hama penyakit. Pemangkasan produksi dianjurkan untuk dilakukan 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret atau April dilakukan pemangkasan ringan dan pada bulan Oktober atau November dilakukan pemangkasan berat.

Cara melakukan pemangkasan produksi ini adalah dengan memotong cabang atau batang yang tingginya diatas 3,5 sampai 4 meter, mengurangi tajuk yang terlalu rimbun dan memotong cabang yang masuk ke tajuk tanaman tetangganya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................