Selasa, 15 Januari 2013

TIPS MEMILIH BADAN SERTIFIKASI

Tips Memilih Badan Sertifikasi ISO 9001:2008


Diantara banyak pertanyakan yang disampaikan para klien ke kami adalah badan sertifikasi mana yang sebaiknya dipilih. Ini wajar mengingat jumlah badan sertifikasi ISO 9001:2008 di Indonesia ini mencapai belasan. Oleh karena itu, pembahasan ini akan kami kemukakan di sini dalam format tanya-jawab untuk memudahkan pembaca sekalian.
Siapakah Badan Sertifikasi ISO 9001 itu?
Badan Sertifikasi ISO adalah perusahaan yang memiliki wewenang dalam menerbitkan sertifikat ISO 9001 dengan ketentuan yang telah dibuat oleh International Organization of Standarization (IOS) yang berkedudukan di Genewa, Swiss.  Badan sertifikasi membeli lisensi dari badan akreditasi nasional untuk menerbitkan sertifikat ISO 9001:2008.   Setiap negara di dunia yang tergabung dalam IOS memiliki hak untuk mengontrol pengeluaran Sertifikat ISO 9001:2008 melalui suatu badan nasional yang memiliki kewenangan mengurusi masalah sertifikasi dan akreditasi. Bila di Indonesia, lembaga ini disebut Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan badan nasional yang paling terkenal adalah badan akreditasi inggris yang bernama United Kingdom Accreditation Service (UKAS).  Contoh Badan sertifikasi yang membeli lisensi dari KAN adalah Sucofindo (Sucofindo International Certification Servicess). Oleh karena itu perusahaan yang memilih badan sertifikasi sucofindo, pada logo sertifikatnya terdapat logo sucofindo dan KAN. Ini artinya, sertifikat dieluarkan oleh Sucofindo atas pengawasan dari KAN.  Contoh badan sertifikasi yang membeli lisensi dari UKAS adalah sebuah badan sertifikasi asal perancis, SGS.
Jadi, badan sertifikasi itu bisa dari dalam dan luar negeri?
Betul, kebanyakan badan sertifikasi di Indonesia berasal dari luar negeri khususnya eropa seperti SGS, BVQI, LRQA, dan TUV. Ada juga dari Australia seperti SAI Global.
lalu apa bedanya badan sertifikasi dalam dan luar negeri?
Sama sekali tidak ada bedanya, semua sertifikat yang diterbitkan valid dan diakui secara internasional.
Jadi, kami harus memilih badan sertifikasi yang mana?
Memilih badan sertifikasi itu seperti  memilih perguruan tinggi.  Apa alasan orang-orang berebut memasuki PTN ternama seperti UI, ITB, dan UGM? apakah ijazah yang dikeluarkan selain 3 PTN Favorit ini tidak diakui dan tidak diterima? Jawabannya tentu tidak. Ijazah dari perguruan tinggi manapun diakui dan diterima selama perguruan tinggi tersebut sah secara hukum apalagi mendapatkan grade A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Namun yang membedakan adalah soal gengsi dan nama baik. Barangkali perusahaan manapun seantero Indonesia bahkan luar negeri tahu betul reputasi  3 PTN Favorit tersebut sehingga tidak meragukan kualitas lulusannya. Seperti itulah perumpamaannya.
Sebagaimana PTN, Badan Sertifikasi pun memiliki beberapa level. Ada yang sudah dikenal reputasinya secara internasional ada pula yang baru dikenal dalam lingkup nasional.
Apa yang dilakukan oleh Badan Sertifikasi sebelum menerbitkan sertifikat ISO 9001:2008 untuk perusahaan anda?
Setelah perusahaan anda memenuhi semua persyaratan ISO 9001:2008. Anda diperbolehkan meminta ke Badan Sertifikasi yang anda pilih untuk dilakukan proses audit sertifikasi. Badan sertifikasi akan melakukan audit ke perusahaan anda terkait kesesuaian perusahaan anda terhadap persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.  Proses Audit terdiri dari 2 stage.  Bila saat diaudit ditemukan temuan yang bersifat fatal (majour), maka perusahaan anda gagal mendapatkan sertifikasi. Bila gagal, anda diminta mengajukan permohonan audit sertifikasi kembali. Anda akan dikenakan biaya lagi untuk proses audit ulang. Jadi, pastikan anda lolos dalam proses audit dengan menggandeng kami sebagai konsultan ISO 9001 yang dapat membantu perusahaan anda memperoleh sertifikat ISO 9001 dengan cepat, mudah, dan murah.
Apa badan sertifikasi yang anda sarankan?
lihat dulu kebutuhan anda.  Apa lingkup bisnis anda dan siapa pelanggan anda akan sangat menentukan badan sertfikasi mana yang sebaiknya anda ambil. Berikut ini beberapa pertimbangan yang dapat diambil:
- Bila anda adalah perusahaan yang mengekspor produk / jasa ke luar negeri maka sebaikanya pilihlah badan sertifikasi yang memiliki reputasi internasional
- Bila produk anda dipasarkan di dalam negeri maka lihat siapa pelanggan anda. Bila anda menyuplai produk atau jasa ke pemerintahan, sangat disarankan mengambil badan sertifikasi yang membeli lisensi dari KAN.  Bia anda menyuplai produk / jasa ke perusahaan internasional yang berkedudukan di Indonesia, maka disarankan pilihlah Badan Sertifikasi yang memiliki reputasi internasional.
- Memilih badan sertifikasi yang bereputasi internasional menghasilkan konsekuensi biaya sertifikasi yang cenderung jauh lebih mahal ketimbang badan sertifikasi biasa.
- Bila sertifikat ISO 9001 bagi perusahaan anda hanyalah sebuah syarat mengikuti tender atau syarat memasok barang / jasa ke perusahaan, maka anda bebas memilih badan sertifikasi mana saja disesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda.
Biaya sertifikasi ISO 9001:2008 itu berapa ya?
Tiap badan sertifikasi memiliki standar yang berbeda mempertimbangkan:
- Lingkup bisnis organisasi
Biaya sertifikasi perusahaan pertambangan cenderung lebih mahal dari perusahaan konstruksi. Perusahaan konstruksi cenderung lebih mahal ketimbang perusahaan distribusi. Intinya, semakin rumit proses bisnis anda, biaya sertifikasi semakin mahal.
- Besar Organisasi
Semakin besar perusahaan anda, semakin banyak karyawan di perusahaan anda, biaya sertifikasi semakin besar. Ini terkait dengan jumlah hari kerja (mandays) yang bisa jadi bertambah seiring besarnya perusahaan anda.
Namun, sebagai gambaran biaya untuk anda, saat artikel ini ditulis biaya sertifikasi ISO 9001: 2008 mulai dari Rp. 15.000.0000.
untuk info lebih lanjut hubungi konsultaniso.web.id

Disebarkan oleh  rumah-hijuaorganik.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................