Rabu, 02 Januari 2013

KESUKSESAN DALAM BUDIDAYA SAPI LOKAL


KESUKSESAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDIDAYA SAPI PO ( LOKAL ) 

Budidaya sapi PO Lokal dipedesaan sudah sejak dulu kala, namun perkembangan yang mulai menanjak pada tahun 1990 an. Hapir orang yang sukses ditingkat desa bisa membangun rumah atapun beli tanah pekarangn maupun sawah produktif, Mayoritas ditopang dengan penghasilan berternak sapi.. Disamping itu bagi kaum tani atau masyrakat pedesaan budidaya sapi juga untuk menyekolahkan anaknya sampai keperguruan tinggi, karena hasilnya sangat lumayan menjanjikan, karena hanya dengan modal kerja keras dan kemauan setiap tahunnya sudah mempunyai harapan, angan angan menjual sapi untuk kebutuhan, Baik itu kebutuhan primer, ( Makan ,memperbaiki Rumah, beli tanah, menyekolahkan anaknya ). Kebutuhan Sekender maupun tersier dalam kehidupan bewrumah tangga. Yang pada intinya budidaya sapi dapat meningkatkan kesejahteraan hidup.


BUDIDAYA SAPI AKAN SUKSES JIKA MEMENUHI 3 FAKTOR YAITU:
  1. Biding
  2. Fiding, dan
  3. Manajemen
Yang dimaksud biding disini oleh penulis adalah bibit, Tapi bukan bibit nama orang loh, ya jelas bibit sapi, karena faktor bibit sangat menentukan hasil budidaya nanti. Ibarat kata benih yang baik akan menghasilkan yang baik pula. Kata pepatah buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya.
Fiding yang dimaksud disini adalah stok pakan ternak, ini juga menentukan sekali, dan berkaitanerat dengan bibit, bibit yang baik dikasih makan yang baik akan mengasilkan hasil yang optimal, tak lepas dari menejeman sehat, ideal dan dinamis mewujudkan cita cita tujuan semula.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................