Minggu, 31 Maret 2013

KONSEP DASAR RHEUMATIK


KONSEP DASAR RHEUMATIK


KONSEP DASAR RHEUMATIK
 
1.    PENGERTIAN
Penyakit reumatik adalah penyakit inflamasi non- bakterial yang bersifat sistemik, progesif, cenderung kronik dan mengenai sendi serta jaringan ikat sendi secara simetris.( Rasjad Chairuddin, Pengantar Ilmu Bedah Orthopedi, hal. 165)
2.    ETIOLOGI
Penyebab Artritis Reumatoid, yaitu:
a.    Infeksi Streptokkus hemolitikus dan Streptococcus non-hemolitikus.
b.    Endokrin.
c.    Autoimmun
d.    Metabolik
e.    Faktor genetik serta pemicu lingkungan
Pada saat ini Artritis rheumatoid diduga disebabkan oleh faktor autoimun dan infeksi. Autoimun ini bereaksi terhadap kolagen tipe II; faktor infeksi mungkin disebabkan oleh karena virus dan organisme mikroplasma atau grup difterioid yang menghasilkan antigen tipe II kolagen dari tulang rawan sendi penderita.
3.    MANIFESTASI KLINIK
a.    Lelah, kurang nafsu makan, berat badan menurun dan demam. Terkadang kelelahan dapat demikian hebatnya.
b.    Peradangan sendi pada sisi kiri dan kanan, terutama pada sendi perifer, termasuk sendi-sendi di tangan, namun biasanya tidak melibatkan sendi-sendi antara jari-jari tangan dan kaki. Hampir semua sendi diartrodial (sendi yang dapat digerakan dengan bebas) dapat terserang.
c.    Kekakuan di pagi hari selama lebih dari 1 jam, dapat bersifat umum tetapi terutama menyerang sendi-sendi. Kekakuan ini berbeda dengan kekakuan sendi pada osteoarthritis (peradangan tulang dan sendi), yang biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit dan selama kurang dari 1 jam..
d.    Artritis erosif merupakan merupakan ciri khas penyakit ini pada gambaran radiologik. Peradangan sendi yang kronik mengakibatkan pengikisan ditepi tulang.
e.    Deformitas : kerusakan dari struktur penunjang sendi dengan perjalanan penyakit. Pergeseran ulnar atau deviasi jari, pergeseran sendi pada tulang telapak tangan dan jari, deformitas boutonniere dan leher angsa adalah beberapa deformitas tangan yang sering dijumpai pada penderita. . Pada kaki terdapat tonjolan kaput metatarsal yang timbul sekunder dari subluksasi metatarsal. Sendi-sendi yang besar juga dapat terserang dan mengalami pengurangan kemampuan bergerak terutama dalam melakukan gerakan ekstensi.
f.      Nodula-nodula reumatoid adalah massa subkutan yang ditemukan pada sekitar sepertiga orang dewasa penderita rematik. Lokasi yang paling sering dari deformitas ini adalah bursa olekranon (sendi siku) atau di sepanjang permukaan ekstensor dari lengan, walaupun demikian tonjolan ini dapat juga timbul pada tempat-tempat lainnya. Adanya nodula-nodula ini biasanya merupakan petunjuk suatu penyakit yang aktif dan lebih berat.
g.    Manifestasi diluar sendi : reumatik juga dapat menyerang organ-organ lain diluar sendi. Seperti mata: Kerato konjungtivitis siccs yang merupakan sindrom Sjogren, sistem cardiovaskuler dapat menyerupai perikarditis konstriktif yang berat, lesi inflamatif yang menyerupai nodul rheumatoid dapat dijumpai pada myocardium dan katup jantung, lesi ini dapat menyebabkan disfungsi katup, fenomena embolisasi, gangguan konduksi dan kardiomiopati.
4.    PENATALAKSANAAN MEDIS
Oleh karena penyebab pasti arthritis Reumatoid tidak diketahui maka tidak ada pengobatan kausatif yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Hal ini harus benar-benar dijelaskan kepada penderita sehingga tahu bahwa pengobatan yang diberikan bertujuan mengurangi keluhan/ gejala memperlambat progresifvtas penyakit.
Tujuan utama dari program penatalaksanaan/ perawatan adalah sebagai berikut
·     Untuk menghilangkan nyeri dan peradangan
·     Untuk mempertahankan fungsi sendi dan kemampuan maksimal dari penderita
·     Untuk mencegah dan atau memperbaiki deformitas yang terjadi pada sendi.
·     Mempertahankan kemandirian sehingga tidak bergantung pada orang lain.
Cara penatalaksanaan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut di atas, yaitu :
a.  Pendidikan
Langkah pertama dari program penatalaksanaan ini adalah memberikan pendidikan yang cukup tentang penyakit kepada penderita, keluarganya dan siapa saja yang berhubungan dengan penderita. Pendidikan yang diberikan meliputi pengertian, patofisiologi (perjalanan penyakit), penyebab dan perkiraan perjalanan (prognosis) penyakit ini, semua komponen program penatalaksanaan, sumber-sumber bantuan untuk mengatasi penyakit ini dan metode efektif tentang penatalaksanaan yang diberikan oleh tim kesehatan. Proses pendidikan ini harus dilakukan secara terus-menerus.
b. Istirahat
Merupakan hal penting karena reumatik biasanya disertai rasa lelah yang hebat. Walaupun rasa lelah tersebut dapat saja timbul setiap hari, tetapi ada masa dimana penderita merasa lebih baik atau lebih berat. Penderita harus membagi waktu seharinya menjadi beberapa kali waktu beraktivitas yang diikuti oleh masa istirahat.
c. Latihan Fisik dan Termoterapi
Latihan spesifik dapat bermanfaat dalam mempertahankan fungsi sendi. Latihan ini mencakup gerakan aktif dan pasif pada semua sendi yang sakit, sedikitnya dua kali sehari. Obat untuk menghilangkan nyeri perlu diberikan sebelum memulai latihan. Kompres panas pada sendi yang sakit dan bengkak mungkin dapat mengurangi nyeri. Latihan dan termoterapi ini paling baik diatur oleh pekerja kesehatan yang sudah mendapatkan latihan khusus, seperti ahli terapi fisik atau terapi kerja. Latihan yang berlebihan dapat merusak struktur penunjang sendi yang memang sudah lemah oleh adanya penyakit.
d. Obat-obatan
Pemberian obat adalah bagian yang penting dari seluruh program penatalaksanaan penyakit reumatik. Obat-obatan yang dipakai untuk mengurangi nyeri, meredakan peradangan dan untuk mencoba mengubah perjalanan penyakit.
5.    PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK
LED : Umumnya meningkat pesat ( 80-100 mm/h) mungkin kembali normal sewaktu gejala-gejala meningkat
Protein C-reaktif: positif selama masa eksaserbasi.
SDP  : Meningkat pada waktu timbul proses inflamasi.
JDL   : umumnya menunjukkan anemia sedang.
Ig ( Ig M dan Ig G): peningkatan besar menunjukkan proses autoimun sebagai penyebab AR.
Sinar x dari sendi yang sakit : menunjukkan pembengkakan pada jaringan lunak, erosi sendi, dan osteoporosis dari tulang yang berdekatan ( perubahan awal ) berkembang menjadi formasi kista tulang, memperkecil jarak sendi dan subluksasio. Perubahan osteoartristik yang terjadi secara bersamaan.
Scan radionuklida : identifikasi peradangan sinovium
Artroskopi Langsung : Visualisasi dari area yang menunjukkan irregularitas/ degenerasi tulang pada sendi.
CONTOH ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK PADA RHEUMATIK
A.     PENGKAJIAN
1.    KARAKTERISTIK DEMOGRAFI  DAN STATUS KESEHATAN
A. Karakteristik Demografi
1.  Data Biografi / Profil Klien
  • Nama Lengkap:  Ny. A
  • Umur:  65 tahun
  • Jenis Kelamin:  perempuan
  • Suku :  Sunda (Indonesia)
  • Agama:  Islam
  • Pendidikan Terakhir:  SD
  • Status Perkawinan:  Kawin
  • Tanggal Pengkajian:  11 Mei 2011
  • Alamat                              :
2.  Keluarga atau orang lain yang penting / dekat yang dapat dihubungi
Klien saat ini tinggal bersama anak ke 4
3.  Riwayat pekerjaan dan status ekonomi
Klien bekerja sebagai petani, sehari – hari klien bekerja di sawah milik orang lain. Sumber pendapatan berasal dari penghasilannya sebagai buruh tani. Klien mengatakan pendapatan itu sebenarnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tetapi klien juga mendapatkan uang dari anak anaknya
4.  Aktifitas rekreasi
Klien mengatakan jarang berpergian atau rekreasi, klien lebih senang berkumpul dengan keluarga di rumah.
5.  Lingkungan tempat tinggal
Jenis rumah klien permanent dan memiliki 5 ruangan yaitu 3 kamar tidur, Ruang tamu, dan Ruang teras, . Dalam satu rumah klien tinggal dengan suami dan anaknya yang ke 4. Rumah klien bersih dan rapi. Penerangan cukup hanya sirkulasi rumah tidak memadai. Klien menggunakan MCK/ menumpang di rumah anaknya yang berada pas disamping rumah klien, terdapat resiko injury yaitu adanya tangga tanpa pegangan di rumah klien.
6.  Riwayat keluarga
a.  Pasangan
Klien masih mempunyai pasangan yaitu Tn mu’ad berusia 70 tahun yang sekarang tinggal bersama dengan klien, Tn mu’ad  bekerja sebagai buruh tani.
b.  Anak
Klien memiliki 5 orang anak. Anak pertama bernama sarifudin, usia 45 tahun, anak kedua siti aminah 40 tahun, anak ke tiga maun hermawan berusia 35 tahun, mukhtar 30 tahun, yang terakhir mulyana 20 tahun. Semua anak klien bertempat tinggal berdekatan dengan rumah klien.
c.  Riwayat Kematian dalam Keluarga (1 tahun terakhir)
Tidak ada riwayat kematian dalam keluarga.
2.    POLA KEBIASAAN SEHARI – HARI
a.  Nutrisi
Dalam kebutuhan nutrisi klien, klien makan 3x sehari dan nafsu makan klien baik. Klien memiliki kebiasaan berdoa sebelum makan. Klien tidak menyukai ikan basah, dan belut. Pantangan makanan klien tidak ada. Klien tidak memiliki riwayat alergi terhadap makanan dan tidak ada pantangan makan. Pada saat makan klien tidak memiliki keluhan-keluhan.
b.  Eliminasi
     Klien BAK sehari ± 5x dengan BAK pada malam hari sebanyak 3x. Klien tidak memiliki keluhan yang berhubungan dengan BAK. Klien BAB sehari 1x dengan konsistensi semi padat dan tidak ada keluhan yang berhubungan dengan BAB. Klien tidak pernah memakai Laxatif/ Pencahar.
c.  Personal Hygiene
     Klien mandi 3x sehari dengan menggunakan sabun. Klien gosok gigi 3x sehari dengan menggunakan pasta gigi. Klien mencuci rambut 1x sehari dengan menggunakan shampo. Klien menggunting kuku 3 hari sekali. Klien mencuci tangan pakai sabun.
d.  Istirahat dan tidur
     Klien tidur malam selama ± 7 jam, dan tidur siang selama ± 1 jam. Klien mengatakan tidak ada keluhan yang berhubungan dengan tidur.
e.  Kebiasaan mengisi waktu luang
     Klien mengatakan waktu luang hanya diisi dengan berkebun atau bertani dan berkumpul bersama keluarga.
f.    Kebiasaan yang mempengaruhi kesehatan
     Klien mengatakan tidak pernah merokok, meminum minuman keras dan ketergantungan terhadap obat.
3.    KARAKTERISTIK KESEHATAN
a.  Status Kesehatan Saat ini
Klien mengatakan sering sakit pada daerah sendi bagian pinggul sebelah kiri sampai pada daerah kaki. Gejala yang dialami klien yaitu sering merasa pegal beserta sakit pada daerah kaki tersebut, dan timbulnya keluhan 3 bulan terakhir. Jika merasa sakit klien mengatasinya dengan cara meminum obat-obatan dari warung yaitu Reumasil 2 tablet 1x makan.
b.  Riwayat Kesehatan Masa lalu
Klien mengatakan pernah menderita penyakit TBC sekitar 4 tahun yang lalu dan sekarang sudah sembuh total
7.    PEMERIKSAAN TANDA – TANDA VITAL
  • Tekanan darah         : 120/60 mmHg
  • Nadi                          : 80 kali/menit
  • Suhu                          : 36.5 oC
  • Respirasi                  : 20 kali/menit
  • Berat badan                         : 34 kg
8.    PEMERIKSAAN FISIK
Keadaan umum Ny A  baik. Kesadaran klien compos mentis. Bentuk kepala tampak bulat, tidak ada lesi dan benjolan, rambut tampak beruban, rambut lurus dan kuat. Sklera tidak ikterik, konjungtiva tidak anemis, pupil isokhor, pergerakan bola mata simetris. Tidak teraba ada pembesaran kelenjar getah bening. Hidung tampak simetris, tidak ada cairan. Telinga tampak sedikit kotor tapi pendengaran baik. Kebersihan mulut gigi dan bibir bersih, tampak gigi yang caries dan tanggal disebagian sisi. Tidak ada distensi vena jugularis pada daerah leher, dan tidak ada pembesaran kelenjar getah bening. Dada tampak simetris, terdengar suara nafas reguler, bunyi jantung normal. Tidak ada distensi abdomen, bising usus 18x / menit, tidak ada nyeri. Genitalia tidak dilakukan pemeriksaan. Turgor kulit kurang baik. Ekstremitas atas dan bawah normal, hanya saja klien sering mengeluh kesakitan pada daerah pinggul sebelah kiri.
9.    Pengakajian Psikososial dan Spiritual
NO
Apakh bapak ibu merasa puas dalam satu minggu terakhir


1
Merasa puas dengan kehidupan yang dijalani ?
Ya
*tidak
2
Banyak meninggalkan minat / kesenangan dan aktivitas anda?
* ya
Tidak
3
Merasa bahwa kehhidupan anda hampa/?
* ya
Tidak
4
Sering merasa bosan ?
* ya
tidak
5
penuh pengharapan akan masa depan?
Ya
* tidak
6
mempunyai semangat yang baik setiap waktu?
Ya
* tidak
7
Diganggu oleh pikiran-pikiran yang tidak bisa diungkapkan ?
* ya
Tidak
8
Merasa bahagia di sebagian besar waktu ?
Ya
* tidak
9
Merasa takut sesuatu akan terjadi pada anda ?
* ya
Tidak
10
Seringkali merasa tidak berdaya?
* ya
Tidak
11
Sering merasa gelisah dan gugup?
* ya
Tidak
12
Memiih tinggal dirumah daripada keluar rumah melakukan sesuatu yang bermanfaat ?
* ya
Tidak
13
Seringkali merasa khawatir dengan masa depan?
* ya
tidak
14
Mempunyai lebih banyak masalah dengan daya ingat dibandingkan dengan orang lain?
* ya
Tidak
15
Berfikir bahwa hidup ini sangat men yenangkan sekarang?
Ya
* tidak
16
Seringkali merasa merana?
* ya
Tidak
17
Merasa kurang bahagia?
* ya
Tidak
18
Sangat khawatir terhadap masa lalu?
* ya
Tidak
19
Merasakan bahwa hidup ini sangat menggairahkan ?
Ya
* tidak
20
Merasa berat memulai sesuatu yang baru ?
* ya
Tidak
21
Merasa dalam keadaan penuh semangat?
Ya
* tidak
22
Berfikir bahwa hidup anda tidak ada harapan?
* ya
Tidak
23
Berfikir bahwa orang lain lebih baik daripada anda?
* ya
Tidak
24
Seringkali merasa kesal dengan hal yang sepele?
* ya
Tidak
25
Seringkali merasa ingin menangis ?
* ya
Tidak
26
Merasa sulit untuk konsentrasi?
* ya
Tidak
27
Menikmati tidur ?
Ya
* tidak
28
Memilih menghindar dari perkumpulan sosial?
* ya
Tidak
29
Mudah mengambil keputusan ?
Ya
* tidak
30
Mempunyai pikiran yang jernih?
Ya
* tidak
10. Pengakajian Fungsional Klien
No.
AKTIVITAS
Mandiri
(nilai 1)
Tergantung
(0)
1
Mandi di kamar mandi (menggosok badan membersihkan, dan mengeringkan badan )
ü

2
Menyiapkan pakaian,membuka dan memakainya
ü

3
Makan makanan yang telah disiapkan
ü

4
Memelihara kebersihan diri untuk penampilan diri (menyisir rambut,mencuci rambut, mengoosok gigi, mencukur kumis )
ü

5
Buang air besar di WC (membersihkan dan mengeringkan daerah bokong)
ü

6
Dapat mengontrol pengeluaran tinja (feses)
ü

7
Buang air kecil di kamar mandi (membersihkan dan mengeringkan daerah kemaluan )
ü

8
Dapat mengontrol pengeluaran air kemih
ü

9
Berjalan di lingkungan temapat tinggal atau keluar ruangan tanpa alat bantu
ü

10
Menjalankan ibadah sesuai  agama dan kepercayaan yang dianut
ü

11
Melakukan pekerjan rumah seperti :merapihkan tempat tidur ,mencuci pakaian ,memasak ,membersihkan ruangan
ü

12
Berbelanja kebutuhan sendiri atau kebutuhan keluarga
ü

13
Mengelola keuangan ( menyimpan dan menggunakn uang sendiri )
ü

14
Menggunakan sarana transformasi umum untuk bepergian
ü

15
Menyiapkan obat dan minum obat sesuai aturan ( takaran dan waktu yang tepat )
ü

16
Merencanakan dan mengambil keputusan untuk kepentingan keluarga dalam hal penggunaan uang ,aktuvitas sosial yang yang dilakukan dan kebutuhan akan pelayanan kesehatan
ü

17
Melakukan aktivitas di waktu luang ( egiatan keagaman, aktivitas sosial, rekreasi, olahraga, dan menyalurkan hobby)
ü


JUMLAH POINT MANDIRI
17

11. Pengkajian Aspek Kognitif dari  Fungsi Mental
No.
Item Pertanyaan
Benar
Salah
1
Jam berapa sekarang?
Jawab : Jam 13.00 siang
ü

2
Tahun berapa sekarang?
Jawab : 1011


3
Kapan Bapak/ Ibu lahir?
Jawab : Lupa

ü
4
Berapa umur Bapak/ Ibu sekarang?
Jawab : Lupa

ü
5
Dimana alamat Bapak/ Ibu sekarang?
Jawab : Desa Cijantung RT 004/RW002
ü

6
Berapa jumlah anggota keluarga yang tinggal bersama Bpk/Ibu?
Jawab : bertiga
ü

7
Siapa nama anggota keluarga yang tinggal bersama Bpk/Ibu?
Jawab : Iin Nurhayati
ü

8
Tahun berapa Hari Kemerdekaan Indonesia
Jawab : Lupa


9
Siapa Nama Presiden Republik Indonesia sekarang?
Jawab : SBY
ü

10
Coba hitung terbalik dari angka 20 ke 1
Jawab : 20,19,18,17,16,15,14,13,12,11,10,9,8,7,6,5,4,3,2,1
ü


JUMLAH BENAR


B.     RENCANA KEPERAWATAN
Tgl
No. Dx
Diagnosa Keperawatan
Rencana
Rasional
Tujuan
Kriteria Hasil
Intervensi
11 Mei 2011
1.
Nyeri akut akibat proses inflamasi pada daerah kaki b.d kesemutan dan rasa ngilu pada persendian
DS:
·   Tn Ny A mengatakan sudah ± dua tahun merasa kesemutan dan linu pada kakinya
·   Ny A mengatakan rasa kesemutan dan linu bertambah jika terkena dingin dan berkurang setelah minum obat
DO:
·   TD  :120/60 mmHg
·   Nadi : 80 x/menit
·   Suhu : 36,5 C
·   Respirasi : 20 x/menit
·   Ny A tampak memegangi kakinya
Setelah di lakukan intevensi keperawatan selama 3×24 jam nyeri hilang.
Setelah dilakukan intervensi hasil yang diharapkan:
·   Ny A melaporkan rasa kesemutan dan ngilu berkurang
·   Ny A dapat beraktifitas tanpa rasa ngilu dan kesemutan
·   kaji keluhan yang dirasakan klien, catat faktor yang mempercepat dan tanda-tanda rasa sakit non verbal.
·   anjurkan klien untuk mandi air hangat, kompres sendi- sendi yang sakit dengan kompres hangat
·   berikan masase yang lembut
·   ajarkan teknik relaksasi dan distraksi
·   Membantu dalam menentukan kebutuhan manajemen nyeri dan keefektifan program.
·   Panas meningkatkan relaksasi otot dan mobilitas, menurunkan rasa sakit.
·   Meningkatkan relaksasi/ mengurangi tegangan otot
·   Meningkatkan relaksasi, memberikan rasa kontrol dan mungkin meningkatkan kemampuan koping.
12 Mei 2011
2.
Kurang pengetahuan tentang rematik b.d kurangnya informasi
DS:
Ny A mengatakan tidak mengerti tentang penyakit rematik, makanan pantangan dan cara pengobatan untuk rematik
DO:
Ny A tampak bertanya tentang rematik, makanan pantangan dan cara pengobatan tradisional untuk rematik
Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 1x pertemuan masalah teratasi.
Setelah dilakukan intervensi diharapkan:
·   Ny  A mengatakan paham mengenai penyakitnya
·   Kaji tingkat pengetahuan klien
·   Berikan pendidikan kesehatan tentang cara mencegah dan mengatasi rematik
·   Evaluasi tingkat pengetahuan klien
·   Memudahkan dalam menentukan intervensi selajutnya
·   Untuk mengetahui tingkat pengetahuan klien
·   Menambah pengetahuan pasien tentang penyakit yang dideritanya
·   Mengetahui sejauh mana klien memahami tentang penyakit yang dideritanya
C.     IMPLEMENTASI
Tanggal
No dx
Implementasi
Paraf perawat
minggu 15 mei 2011-05-18
2
II
·   Kaji tingkat pengetahuan klien
DS:  klien mengatakan belum mengeahui tentang penyakit yang dideritanya
DO : klien tampak bingung ketika ditanya oleh perawat
a. Pengertian reumatik
Ds :
·       Klien mengatakan sudah tahu pengertian dari penyakit reumatik
Do :
·       Klien dapat menjelaskan pengertian dari penyakit reumatik
b. Penyebab reumatik
Ds :
·       Klien mengatakan sudah mengerti penyebab-penyebab reumatik
Do :
·       Klien dapat menyebutkan 2 penyebab dari 5 penyebab reumatik
c. Cara mengatasi reumatik
Ds :
·       Klien mengatakan lupa/tidak dapat menyebutkan cara mengatasi reumatik
Do :
·       Klien tidak dapat menyebutkan  cara mengatasi reumatik
d. Tanda dan gejala reumatik
Ds :
·       Klien mengatakan sudah tahu tanda dan gejala dari rematik
Do :
·       Klien bisa menyebutkan 1 dari 5 tanda dan gejala reumatik
e. Pengurangan makanan
Ds :
·       Klien mengatakan sudah tahu pengurangan makanan untuk perawatan reumatik dan ingin mencobanya
Do :
·       Klien dapat menjelaskan pengurangan makanan untuk reumatik
Anjurkan klien untuk mengurangi makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan banyak mengandung lemak
Ds :
·       Klien mengatakan akan mengurangi makanan yang telalu banyak mengandung garam dan makanan yang banyak mengandung lemak.
Do : -
Anjurkan klien untuk mengatur aktivitas yang tidak berlebihan
Ds :
·       Klien mengatakan tidak akan terlalu capek bila beraktivitas
Do : -
Anjurkan klien untuk melakukan pemijatan pada daerah yang sakit
Ds :
·       Klien mengatakan sudah sering dilakukan pemijatan jika terasa sakit.
Do :
·       Saat dilakukan kunjungan klien sedang dipijat kakinya oleh cucunya.
·





EVALUASI
No
Dx keperawatan
Tanggal masalah ditemukan
Tanggal masalah teratasi
Evaluasi
paraf
2
Kurang pengetahuan tentang rematik b.d kurangnya informasi
13-05-2011
15-05-2011
S :
·        Klien mengatakan akan mengurangi makanan yang telalu banyak mengandung garam dan makanan yang banyak mengandung lemak.
·        Klien mengatakan sudah sering dilakukan pemijatan jika terasa sakit.
Klien mengatakan sudah sering dilakukan pemijatan
·        Klien mengatakan merasa lebih rileks jika tidak bekerja terlalu capek.
·        Saat dilakukan kunjungan klien sedang dipijat kaki dan tengkuknya  oleh cucunya.
·        Kesadaran Compos Mentis
·        TTV :
TD   : 140/90 mmHg
N     : 82x/menit
RR  : 20x/menit
S     : 36,2 derajat celcius
A : Masalah teratasi
P : Intervensi dihentikan


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................