Senin, 25 Maret 2013

CONTOH PROPOSAL USAHA BENGKEL MOTOR

Contoh Proposal Usaha Bengkel Motor
Mobilisasi masyarakat yang tinggi membuat motor pilihan yang tepat untuk mobilisasi. Pemikiran kebanyakan orang yang dengan uang sepuluh ribu digunakan naik kendaraan umum hanya cukup untuk dua kali perjalanan, sedangkan bila dibelikan bensin dan naik motor akan cukup tiga hari dengan perjalanan yang sama bila naik kendaraan umum. Maka dari itu penggunaan motor dari tahun ke tahun kian meningkat. Indonesia menjadi konsumen motor paling tinggi di dunia.
Dari uraian di atas muncul peluang usaha yang cukup menjanjikan jika dijalani dengan profesional. Adalah usaha bengkel motor.  Setiap bulan motor perlu diperbaiki dan diservis. Dengan rata-rata di Indonesia satu rumah mempunyai sedikitnya satu buah motor. Membuka usaha bengkel motor tentu saja perlu dana yang tidak sedikit dan juga ketrampilan. Dalam pencarian dana, di bawah contoh proposal usaha bengkel motor  yang bisa digunakan untuk referensi.
PROPOSAL
PEMBUKAAN USAHA BENGKEL MOTOR 
A. PENDAHULUAN
Makin hari penambahan populasi kendaraan bermotor makin meningkat. Bahkan hampir setiap orang punya dan membutuhkan sepeda motor. Kepadatan aktivitas di jalan menuntut kenyamanan untuk itu kendaraan yang dipakai harus selalu dalam keadaan baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service berkala bahkan diperlukan juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel motor. Kondisi seperti inilah yang harus kita akan manfaatkan sebagai peluang usaha. Usaha bengkel motor memang menjanjikan, mengingat pengguna sepeda motor semakin banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi sepeda motor pertahun. Kebutuhan servis bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus dilakukan oleh penggunanya. Apalagi daerah-daerah pigir kota yang notabennya adalah pemukiman penduduk.
B. NAMA BENGKEL
Karena bengkel ini sebelumnya sudah berjalan dan sudah memiliki group dan peminat kalangan sendiri terutama dibidang modifikasi motor racing.GRT (Gas Racing Team) nama itu sudah berkibar dikalangan Balap Liar Malam.Karena nanti kita pun menerima service rutin yang menjadi kebutuhan pasar yang banyak,maka rencananya akan dijadikan nama badan usaha yang resmi.
C. TEMPAT USAHA
Karena target pasarnya adalah para pekerja yang bermukim di pinggir kota dan pelajar yang menyukai motor modifikasi kami mencari tidak jauh dari kedua hal tersebut pemukiman dan sekolah.Dari hasil pengamatan sementara daerah Prioritas Pamulang dikarenakan Pamulang dipilih sebagai walikota Tangerang Selatan yang kemungkinan akan terus berkembangnya daerah ini,selain itu Sarana sekolah dan pemukiman pun padat.Tempat kedua daerah Jombang,Ciputat, dan Rempoa.
D. TARGET PASAR

Banyak sekali segment pasar untuk bidang otomtif motor ini mulai dari pelajar yang suka memodifikasi motor dari segment ini kami amat siap dikarenakan modal pengetahuan utama para mekanik kami adalah memodifikasi motor,para pekerja kantoran yang kerja di tengah kota pada segment ini kondisi motor sangat diperhatikan sama mereka ntah mereka akan membuat lebih irit ada juga yang lebih mementingkan tenaga motornya,para pekerja yang ada di lingkungan dekat usaha segment ini hampir memiliki sifat yang sama dengan yang pekerja di tengah kota,komunitaas motor banyaknya kumpulan motor dapat dimanfaatkan dengan baik apabila memberi kesan yang baik kesalah satu anggota kelompok mereka,karena mereka memiliki sifat promosi dari mulut ke mulut dengan baik,para tukang ojek dari setiap sudut jalan banyak sekali para penunggu customer dengan motornya dikarenakan mereka juga bekerja dengan mengandalkan kendaraannya dan dalam hal ini kami memberlakukan kebijaksanaan khusus bagi tukang ojek ,jual beli motor bekas banyak sekali motor yang bekas mereka kumpulkan ada beberapa dari mereka yang memiliki mekanik sendiri ada pula yang belum nah yang belum kami akan memberlakukan kebijakan khusus sama seperti tukang ojek klo yang sudah pun kami akan menawarkan kerja sama yang menarik (hal ini akan dibahas pada bab promosi).
E. JENIS USAHA
Seperti yang sudah ada jenis usaha ini yang berhubungan erat dengan otomotif di bidang kendaraan bermotor roda dua.Seperti:
1. Service rutin kendaraan bermotor roda dua.
2. Service Besar kendaraan bermotor roda dua.
3. Modifikasi mesin,exterior dan interior.
4. Painting
5. Pengajaran (bisa termasuk dalam hal promosi)
6. Spare part moving part dan Modifikasi
7. Penitipan Barang dagangan seperti motor bekas.
Namun disaat ini kami akan memusatkan perhatian kami pada service harian,besar dan modifikasi.Hal yang lain akan tetap dilaksanakan namun masih belum prioritas menunggu seiring jalannya waktu dan kondisi modal kami.
F.MODAL dan KEUNTUNGAN
















setelah kami estimasi maka kami memerlukan modal sebanyak















SEWA TEMPAT






Rp.10.000.000
Keperluan bengkel sehari-hari




Rp.10.000.000
Mencakupi kebutuhan sebagai berikut:





· Spare part







· Tools








· Alat-alat administrasi






· Promosi


















MODAL CADANGAN





Rp.5.000.000
· Modifikasi motor







· Spare part racing







TOTAL MODAL YANG DIBUTUHKAN



Rp.25.000.000
PERKIRAAN PEMASUKAN
1.JASA

jmlh motor/hari
income

TOTAL/bulan
Service

2

Rp.25.000/motor
Rp.1.500.000
Korekan racing
1

Rp.37.500/motor
Rp.1.125.000
TOTAL







Rp.2.625.000
2.SPARE PART








Moving part








10% dari modal Rp.5.000.000





Rp. 250.000
Racing









50% dari modal Rp.3.000.000





Rp.1.500.000
TOTAL







Rp.1.750.000
3.EDUCATION








Teknik promosi media pengajaran HARGA
TARGET ANAK TOTAL/BULAN


STEP 1


5
Rp.10.000

Rp. 200.000
Step 2


5
Rp.20.000

Rp. 400.000
Step 3


5
Rp.30.000

Rp. 600.000
Step 4


5
Rp.40.000

Rp. 800.000
Step 5


5
Rp.50.000

Rp.1.000.000
TOTAL







Rp.3.000.000
SUB TOTAL/LABA KOTOR






JASA+SPARE PART+EDUCATION



Rp.7.375.000
Pembukuan ini adalah perkiraan kami yang sudah disurvey dilapangan dan pengalaman yang sudah berjalan.Diatas mungkin anda akan bertanya-tanya mengapa ada pemasukan lain selain Jasa dan Spare Part yaitu pemasukan dari Education.Hal tersebut akan kita jelaskan pada Bab Promosi.
E. KEUNGGULAN KAMI
Banyak bengkel jalan yang menyediakan layanan jasanya akan perbaikan motor membuatpersaingan semakin ketat,namun dibengkel kami layanan jasa yang sangat diutamakan,selagi membangun kekurangan kami yang dalam masalah spare part.Setelah melakukan survey 65% ucapan dari pengguna motor adalah pelayanan,tempat dan hasil yang memuaskan.Hal tersebut akan kami perkuat dengan adanya Pelayanan mutu standart dealer resmi yang diterapkan disini.Selain itu kami melakukan nilai Promosi yang berbeda seperti:
F. PROMOSI
Dikarenakan kami memiliki kemampuan untuk memodifikasi motor maka kami akan mengejar target segment anak sekolah sebagai alat promosi bengkel.
1. TEKNIK EDUCATION
Ilmu otomotif khususnya modifikasi racing amat sangat diminati oleh sebagian besar kawula muda.Dalam hal ini kita akan berbagi ilmu dengan mereka,meskipun diluar banyak Les yang mengajari ilmu Racing namun dapat dihitung oleh jari dan mahal.Kita akan membantu mereka untuk mempermudah pengetahuan informasi akan ilmu modifikasi dan terjangkau.
Harga tiket
Session 1 Rp.10.000/anak
Session 2 Rp.20.000/anak
Session 3 Rp.30.000/anak
Session 4 Rp.40.000/anak
Session 5 Rp.50.000/anak
Tujuan dari teknik ini adalah menciptakan generasi muda yang mengembangkan hobbynya menjadi usah dan dari pihak kita akan mendapatkan relasi untuk menyebarkan nama bengkel,penjualan tiket,dan kandidat mekanik baru.
2. TEKNIK KUPON
Sering kita dengar bahwa ada teknik promosi dari mulut ke mulut.Kita akan mendekatkan sseseorang yang dianggap memiliki potensi sebagai marketing seperti teman,komunitasmotor,tukang ojek dan dealer motor bekas untuk kita kasih kupon.Kupon tersebut apabila disebar oleh mereka maka mereka mendapatkan komisi dari kita berdasarkan kupon yg balik kekita,karena pada tulisan kupon tersebut adalah “Service dapat kejutan dan Uang” maka tidak menutup kemungkinan mereka akan menyebarkan kupon tersebut.
G. ANALISA SWOT
1. STRENGHT
  • Pandi pendiri GRT sudah mengibarkan namanya dikancah balab liar selain itu Pandi dan Andi berpengalaman mengotak-atik kendaraann,dia memiliki basic dan hobby tentang modifikasi dan service bengkel.
  • Agung berpengalaman dalam otomotif kendaraan berteknologi tinggi karena pernah sekolah PT.Mercedes-Benz Indonesia selain itu pernah menduduki jabatan Service Advisor yang dapat membaca management Bengkel.
  • Mengetahui seluk beluk permintaan pasar yang ada di Pamulang,Ciputat,Jombang dan sekitarnya.
  • Dapat mengajarkan atau Training tentang pelatihan Modifikasi Motor.
2. WEAKNESS
  • Tidak memiliki tempat sendiri.
3. OPPOTURNITY
  • Para Pelajar yang suka modifikasi walaupun mereka tidak memiliki banyak uang namun mereka dapat dijadikan alat promosi yang baik.Pendekatan kepada mereka sangat dibutuhkan.
  • Teknik Promosi Kupon belum pernah diterapkan dan hasil survey sangat diinginkan.
4. THREAT
  • Banyaknya Bengkel Motor disegala daerah.
  • Keterbatasan Modal Buat Spare Part.
  • Tempat menentukan Kekuatan kami.
H.P ENUTUPAN
Demikianlah proposal kami untuk memajukan dan membuka tempat kerja untuk anak bangsa.Apabila anda berminat akan proposal ini,maka akan kita bicarakan mengenai peluang kerja sama dalam bidang ini.Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.
CURICULUM VITAE PENDIRI
BENGKEL GRT
JATI DIRI
NAMA :Agung Riswanda
JENIS KELAMIN :Laki-laki
TEMPAT,TANGGAL LAHIR :JAKARTA, 04 Agustus 1986
KEWARGANEGARAAN :Indonesia
STATUS :Belum Menikah
TINGGI,BERAT BADAN :173cm,55kg
KESEHATAN :Alhamdulliah Sehat
AGAMA :Islam
ALAMAT :Komplek Bukit Pamulang Indah Blok B7 no.19 Pamulang,
Tanggerang Selatan,Banten.
NOMER HANDPHONE :08568119034
NOMER RUMAH :021-71059281
E-MAIL :agung.riswanda@Gmail.com


LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
1991-1992 :Taman Kanak-kanak Tirta Buaran
1992-1997 :Sekolah Dasar Serua x Ciputat kelas 1-kelas 5
1997-1998 :Sekolah Dasar Jombang 1 Ciputat kelas 5-kelas 6
1998-2001 :SLTP negeri 2 Pamulang
2001-2004 :SMU MUHAMMADYAH 25 Pamulang
2004-2007 :Automotive Mechatronic,CENTRAL TRAINING DEPARTMENT
PT.MERCEDES-BENZ DISTRIBUTIONINDONESIA
2010- :Universitas Pamulang,jurusan Teknik Information
KURSUS dan PELATIHAN
1998-2001 :P elatihan Paskibra,Wakil Ketua Osis
2002-2004 :Kursus Matematika,Alfa Prima
2004-2010 :On Job Training diBerbagai Dealer Resmi Mercedes-Benz
2007-2010 :P elatihan tentang pembaharuaan Sistem diMercede-Benz
  • Comfort and Passive Systems Electrical System and Equipment
  • Diagnosis Technicion Passanger Vehicle
  • New All Product Passanger Vehicle
  • Management Workshop for Front Office
PENGALAMAN KERJA
Bekerja di PT.Dipo Service Dealer Autorized Mercedes-Benz,Rawasari
Posisi Mekanik Electrik dan Troubleshoter 2007-2009
Service Advisor 2009-2010

sumber :///Contoh Proposal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................

KEGIATAN