Contoh Proposal Usaha Bengkel Motor
Mobilisasi masyarakat yang tinggi membuat motor pilihan yang tepat
untuk mobilisasi. Pemikiran kebanyakan orang yang dengan uang sepuluh
ribu digunakan naik kendaraan umum hanya cukup untuk dua kali
perjalanan, sedangkan bila dibelikan bensin dan naik motor akan cukup
tiga hari dengan perjalanan yang sama bila naik kendaraan umum. Maka
dari itu penggunaan motor dari tahun ke tahun kian meningkat. Indonesia
menjadi konsumen motor paling tinggi di dunia.
Dari uraian di atas muncul peluang usaha yang cukup menjanjikan jika dijalani dengan profesional. Adalah usaha bengkel motor.
Setiap bulan motor perlu diperbaiki dan diservis. Dengan rata-rata di
Indonesia satu rumah mempunyai sedikitnya satu buah motor. Membuka usaha
bengkel motor tentu saja perlu dana yang tidak sedikit dan juga
ketrampilan. Dalam pencarian dana, di bawah contoh proposal usaha bengkel motor yang bisa digunakan untuk referensi.
PROPOSAL
PEMBUKAAN USAHA BENGKEL MOTOR
A. PENDAHULUAN
Makin hari penambahan populasi kendaraan bermotor makin meningkat.
Bahkan hampir setiap orang punya dan membutuhkan sepeda motor. Kepadatan
aktivitas di jalan menuntut kenyamanan untuk itu kendaraan yang dipakai
harus selalu dalam keadaan baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan
baik maka diperlukan perawatan dan service berkala bahkan diperlukan
juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan
jasa bengkel motor. Kondisi seperti inilah yang harus kita akan
manfaatkan sebagai peluang usaha. Usaha bengkel motor memang
menjanjikan, mengingat pengguna sepeda motor semakin banyak jumlahnya.
Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi sepeda motor pertahun.
Kebutuhan servis bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus
dilakukan oleh penggunanya. Apalagi daerah-daerah pigir kota yang
notabennya adalah pemukiman penduduk.
B. NAMA BENGKEL
Karena bengkel ini sebelumnya sudah berjalan dan sudah memiliki group
dan peminat kalangan sendiri terutama dibidang modifikasi motor
racing.GRT (Gas Racing Team) nama itu sudah berkibar dikalangan Balap Liar Malam.Karena
nanti kita pun menerima service rutin yang menjadi kebutuhan pasar yang
banyak,maka rencananya akan dijadikan nama badan usaha yang resmi.
C. TEMPAT USAHA
Karena target pasarnya adalah para pekerja yang bermukim di pinggir
kota dan pelajar yang menyukai motor modifikasi kami mencari tidak jauh
dari kedua hal tersebut pemukiman dan sekolah.Dari hasil pengamatan
sementara daerah Prioritas Pamulang dikarenakan Pamulang dipilih sebagai
walikota Tangerang Selatan yang kemungkinan akan terus berkembangnya
daerah ini,selain itu Sarana sekolah dan pemukiman pun padat.Tempat
kedua daerah Jombang,Ciputat, dan Rempoa.
D. TARGET PASAR
Banyak sekali segment pasar untuk bidang otomtif motor ini mulai dari
pelajar yang suka memodifikasi motor dari segment ini kami amat siap
dikarenakan modal pengetahuan utama para mekanik kami adalah
memodifikasi motor,para pekerja kantoran yang kerja di tengah kota pada
segment ini kondisi motor sangat diperhatikan sama mereka ntah mereka
akan membuat lebih irit ada juga yang lebih mementingkan tenaga
motornya,para pekerja yang ada di lingkungan dekat usaha segment ini
hampir memiliki sifat yang sama dengan yang pekerja di tengah
kota,komunitaas motor banyaknya kumpulan motor dapat dimanfaatkan dengan
baik apabila memberi kesan yang baik kesalah satu anggota kelompok
mereka,karena mereka memiliki sifat promosi dari mulut ke mulut dengan
baik,para tukang ojek dari setiap sudut jalan banyak sekali para
penunggu customer dengan motornya dikarenakan mereka juga bekerja dengan
mengandalkan kendaraannya dan dalam hal ini kami memberlakukan
kebijaksanaan khusus bagi tukang ojek ,jual beli motor bekas banyak
sekali motor yang bekas mereka kumpulkan ada beberapa dari mereka yang
memiliki mekanik sendiri ada pula yang belum nah yang belum kami akan
memberlakukan kebijakan khusus sama seperti tukang ojek klo yang sudah
pun kami akan menawarkan kerja sama yang menarik (hal ini akan dibahas
pada bab promosi).
E. JENIS USAHA
Seperti yang sudah ada jenis usaha ini yang berhubungan erat dengan otomotif di bidang kendaraan bermotor roda dua.Seperti:
1. Service rutin kendaraan bermotor roda dua.
2. Service Besar kendaraan bermotor roda dua.
3. Modifikasi mesin,exterior dan interior.
4. Painting
5. Pengajaran (bisa termasuk dalam hal promosi)
6. Spare part moving part dan Modifikasi
7. Penitipan Barang dagangan seperti motor bekas.
Namun disaat ini kami akan memusatkan perhatian kami pada service
harian,besar dan modifikasi.Hal yang lain akan tetap dilaksanakan namun
masih belum prioritas menunggu seiring jalannya waktu dan kondisi modal
kami.
F.MODAL dan KEUNTUNGAN | ||||||||||
setelah kami estimasi maka kami memerlukan modal sebanyak | ||||||||||
SEWA TEMPAT | Rp.10.000.000 | |||||||||
Keperluan bengkel sehari-hari | Rp.10.000.000 | |||||||||
Mencakupi kebutuhan sebagai berikut: | ||||||||||
· Spare part | ||||||||||
· Tools | ||||||||||
· Alat-alat administrasi | ||||||||||
· Promosi | ||||||||||
MODAL CADANGAN | Rp.5.000.000 | |||||||||
· Modifikasi motor | ||||||||||
· Spare part racing | ||||||||||
TOTAL MODAL YANG DIBUTUHKAN | Rp.25.000.000 |
PERKIRAAN PEMASUKAN
1.JASA | jmlh motor/hari | income | TOTAL/bulan | |||||||
Service | 2 | Rp.25.000/motor | Rp.1.500.000 | |||||||
Korekan racing | 1 | Rp.37.500/motor | Rp.1.125.000 | |||||||
TOTAL | Rp.2.625.000 | |||||||||
2.SPARE PART | ||||||||||
Moving part | ||||||||||
10% dari modal Rp.5.000.000 | Rp. 250.000 | |||||||||
Racing | ||||||||||
50% dari modal Rp.3.000.000 | Rp.1.500.000 | |||||||||
TOTAL | Rp.1.750.000 | |||||||||
3.EDUCATION | ||||||||||
Teknik promosi media pengajaran | HARGA | TARGET ANAK | TOTAL/BULAN | |||||||
STEP 1 | 5 | Rp.10.000 | Rp. 200.000 | |||||||
Step 2 | 5 | Rp.20.000 | Rp. 400.000 | |||||||
Step 3 | 5 | Rp.30.000 | Rp. 600.000 | |||||||
Step 4 | 5 | Rp.40.000 | Rp. 800.000 | |||||||
Step 5 | 5 | Rp.50.000 | Rp.1.000.000 | |||||||
TOTAL | Rp.3.000.000 | |||||||||
SUB TOTAL/LABA KOTOR | ||||||||||
JASA+SPARE PART+EDUCATION | Rp.7.375.000 |
Pembukuan ini adalah perkiraan kami yang sudah disurvey dilapangan
dan pengalaman yang sudah berjalan.Diatas mungkin anda akan
bertanya-tanya mengapa ada pemasukan lain selain Jasa dan Spare Part
yaitu pemasukan dari Education.Hal tersebut akan kita jelaskan pada Bab Promosi.
E. KEUNGGULAN KAMI
Banyak bengkel jalan yang menyediakan layanan jasanya akan perbaikan
motor membuatpersaingan semakin ketat,namun dibengkel kami layanan jasa
yang sangat diutamakan,selagi membangun kekurangan kami yang dalam
masalah spare part.Setelah melakukan survey 65% ucapan dari pengguna
motor adalah pelayanan,tempat dan hasil yang memuaskan.Hal tersebut akan
kami perkuat dengan adanya Pelayanan mutu standart dealer resmi yang
diterapkan disini.Selain itu kami melakukan nilai Promosi yang berbeda
seperti:
F. PROMOSI
Dikarenakan kami memiliki kemampuan untuk memodifikasi motor maka
kami akan mengejar target segment anak sekolah sebagai alat promosi
bengkel.
1. TEKNIK EDUCATION
Ilmu otomotif khususnya modifikasi racing amat sangat diminati oleh
sebagian besar kawula muda.Dalam hal ini kita akan berbagi ilmu dengan
mereka,meskipun diluar banyak Les yang mengajari ilmu Racing namun dapat
dihitung oleh jari dan mahal.Kita akan membantu mereka untuk
mempermudah pengetahuan informasi akan ilmu modifikasi dan terjangkau.
Harga tiket
Session 1 Rp.10.000/anak
Session 2 Rp.20.000/anak
Session 3 Rp.30.000/anak
Session 4 Rp.40.000/anak
Session 5 Rp.50.000/anak
Tujuan dari teknik ini adalah menciptakan generasi muda yang
mengembangkan hobbynya menjadi usah dan dari pihak kita akan mendapatkan
relasi untuk menyebarkan nama
bengkel,penjualan tiket,dan kandidat mekanik baru.
2. TEKNIK KUPON
Sering kita dengar bahwa ada teknik promosi dari mulut ke mulut.Kita
akan mendekatkan sseseorang yang dianggap memiliki potensi sebagai
marketing seperti teman,komunitasmotor,tukang ojek dan dealer motor
bekas untuk kita kasih kupon.Kupon tersebut apabila disebar oleh mereka
maka mereka mendapatkan komisi dari kita berdasarkan kupon yg balik
kekita,karena pada tulisan kupon tersebut adalah “Service dapat kejutan
dan Uang” maka tidak menutup kemungkinan mereka akan menyebarkan kupon
tersebut.
G. ANALISA SWOT
1. STRENGHT
- Pandi pendiri GRT sudah mengibarkan namanya dikancah balab liar selain itu Pandi dan Andi berpengalaman mengotak-atik kendaraann,dia memiliki basic dan hobby tentang modifikasi dan service bengkel.
- Agung berpengalaman dalam otomotif kendaraan berteknologi tinggi karena pernah sekolah PT.Mercedes-Benz Indonesia selain itu pernah menduduki jabatan Service Advisor yang dapat membaca management Bengkel.
- Mengetahui seluk beluk permintaan pasar yang ada di Pamulang,Ciputat,Jombang dan sekitarnya.
- Dapat mengajarkan atau Training tentang pelatihan Modifikasi Motor.
2. WEAKNESS
- Tidak memiliki tempat sendiri.
3. OPPOTURNITY
- Para Pelajar yang suka modifikasi walaupun mereka tidak memiliki banyak uang namun mereka dapat dijadikan alat promosi yang baik.Pendekatan kepada mereka sangat dibutuhkan.
- Teknik Promosi Kupon belum pernah diterapkan dan hasil survey sangat diinginkan.
4. THREAT
- Banyaknya Bengkel Motor disegala daerah.
- Keterbatasan Modal Buat Spare Part.
- Tempat menentukan Kekuatan kami.
H.P ENUTUPAN
Demikianlah proposal kami untuk memajukan dan membuka tempat kerja
untuk anak bangsa.Apabila anda berminat akan proposal ini,maka akan kita
bicarakan mengenai peluang kerja sama dalam bidang ini.Sebelumnya kami
mengucapkan terima kasih.
CURICULUM VITAE PENDIRI
BENGKEL GRT
JATI DIRI
NAMA :Agung Riswanda
JENIS KELAMIN :Laki-laki
TEMPAT,TANGGAL LAHIR :JAKARTA, 04 Agustus 1986
KEWARGANEGARAAN :Indonesia
STATUS :Belum Menikah
TINGGI,BERAT BADAN :173cm,55kg
KESEHATAN :Alhamdulliah Sehat
AGAMA :Islam
ALAMAT :Komplek Bukit Pamulang Indah Blok B7 no.19 Pamulang,
AGAMA :Islam
ALAMAT :Komplek Bukit Pamulang Indah Blok B7 no.19 Pamulang,
Tanggerang Selatan,Banten.
NOMER HANDPHONE :08568119034
NOMER RUMAH :021-71059281
E-MAIL :agung.riswanda@Gmail.com
NOMER RUMAH :021-71059281
E-MAIL :agung.riswanda@Gmail.com
LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
1991-1992 :Taman Kanak-kanak Tirta Buaran
1992-1997 :Sekolah Dasar Serua x Ciputat kelas 1-kelas 5
1997-1998 :Sekolah Dasar Jombang 1 Ciputat kelas 5-kelas 6
1998-2001 :SLTP negeri 2 Pamulang
2001-2004 :SMU MUHAMMADYAH 25 Pamulang
2004-2007 :Automotive Mechatronic,CENTRAL TRAINING DEPARTMENT
PT.MERCEDES-BENZ DISTRIBUTIONINDONESIA
2010- :Universitas Pamulang,jurusan Teknik Information
KURSUS dan PELATIHAN
1998-2001 elatihan Paskibra,Wakil Ketua Osis
2002-2004 :Kursus Matematika,Alfa Prima
2004-2010 :On Job Training diBerbagai Dealer Resmi Mercedes-Benz
2007-2010 elatihan tentang pembaharuaan Sistem diMercede-Benz
- Comfort and Passive Systems Electrical System and Equipment
- Diagnosis Technicion Passanger Vehicle
- New All Product Passanger Vehicle
- Management Workshop for Front Office
PENGALAMAN KERJA
Bekerja di PT.Dipo Service Dealer Autorized Mercedes-Benz,Rawasari
Posisi Mekanik Electrik dan Troubleshoter 2007-2009
Service Advisor 2009-2010
sumber :///Contoh Proposal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Komentarnya Disini...................