Kamis, 07 Juni 2012

PROPOSAL BANTUAN PENJEMURAN KAKAO PADA KELOMPOK TANI



PROPOSAL
PERMOHONAN  BANTUAN DANA
PEMBANGUNAN LANTAI PENJEMURAN GUDANG KAKAO

I.      PENDAHULUAN
A.                                Latar belakang
Pembangunan nasional dewasa ini dengan lebih menitik beratkan pada pembangunan sector petanian dan perkebunan yang memang terbukti tangguh melawan derasnya arus krisis moneter beberapa tahun lalu perlu untuk sesegra mungkin dilaksanakan dengan terencana dan terpadu dengan melibatkan semua unsur stake holder yang terkait.
Untuk melaksanakan pembangunan pedesaan hal tersebut diantisipasi dengan system perencanaan pembangunan botton up dengan memulai perencanaan pembangunan  tersebut dari kalangan masyarakat Desa dalam bentuk musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) pada tingkat Desa yang selanjutnya berjenjang hingga keperencanaan  pembangunan nasional.
Yang menjadi masalah dalam pembangunan pedesaan akhir-akhir ini adalah penajaman pendekatan  kawasan dalam pembangunan ekonomi .hingga akses masyarakat luas pelaku-pelaku ekonomi  dan industri  dengan petani menjadi semakin mudah , murah dan memadai dengan penyediaan sekian banyak infrastruktur salah satunya adalah wadah penyimpanan hasil perkebunan berupa gudang Kakao yang menjadi Icon perekonomian yang berkembang  didesa Duampanua sehingga upaya aktualisasi potensi-potensi ekonomi yang ada dipedesaan dapat tercapai dan termanfaatkan dengan baik dan bijak  oleh masyarakat desa Khususnya Petani Kakao.
Sehubungan dengan hal tersebut sebagai upaya aktualisasi potensi-potensi ekonomi  masyarakat desa dalam hal ini petani Kakao yang mengarah pada penajaman pendekatan kawasan dalam pembangunan ekonomi pedesaan maka penyediaan dan pembangunan infrastruktur  berupa Gudang dan Penjemuran serta kakao untuk mendapatkan Nilai Produksi yang maksimal sangatlah diperlukan.
Hal tersebut sangat terasa khususnya di Desa Duampanua Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar  Yang luas wilayahnya Pembudidayaan Kakao belum seimbang dengan ketersediaan  Sarana Penyimpanan Hasil Produksi Komoditi kakao sehingga kemudahan untuk mengakses lahan-lahan pekebunan masih mengalami kesulitan.
Dengan penyedian infrakstruktur Gudang dan Penjemurannya diwilayah Desa Duampanua Kecamatan Anreapi diharapkan dapat menjadi solusi bagi Petani Kakao sehingga diharapkan juga Sangat Mendukung Bagi Peningkatan produksi hasil Perkebunan yang pada akhirnya akan memberi nilai tambah bagi pertumbunhan ekonomi nasional yang signifikan.


B.         Maksud dan Tujuan
1.       Maksud dari Kegiatan pembangunan infrastruktur Penjemuran ini  antara lain berupa:
·         Berkembangnya kualitas sumber daya manusia (SDM) dan asset-Aset ekonomi rakyat dalam skala usaha sebagai basis kemandirian
·         Lebih efisien dan lebih produktifnya kegiatan-kegiatan perekonomian masyarakat petani perkebunan  sebagai basis keunggulan daya saing diera  perdagangan bebas
·         Terciptanya lebih banyak peluang kerja bagi penigkatan kesejahteran dan keadilan social yang merata bagi seluruh rakyat untuk memperkokoh keutuhan bangsa dan ketahanan nasional.
2.       Tujuan
Tujuan dari pembangunan Penjemuran  ini antara lain berupa:
·         Menyediakan Lahan Penjemuran Kakao sebagai sentra produksi yang ada diberbagai wilayah pedesaan di Kecamatan Anreapi Kab.Polewali Mandar.
·         Pengembangan sentra-sentra produksi baru serta Peningkatan Mutu dan Kualitas kakao sesuai dengan apa yang diharapkan Oleh Pemerintah
  
II.                  RENCANA KEGIATAN
Untuk mewujudkan hal yang menjadi ide dasar ini , maka dalam perencanaan yang terpadu  kami menyusun rencana kegiatan pembangunan 1 Unit Lokasi Penjemuran dengan Luas 25 x 15 m2

III.                PENUTUP
Dengan pembangunan Lokasi Penjemuran Kakao Untuk Kelompok Tani  diwilayah Desa Duamanua Kec.Anreapi Kab.Polewali Mandar sebagaimana yang direncanakana ini , diharapkan dapat menjadi motivasi dan dorongan untuk upaya Peningkatan Mutu dan Kualitas kakao dari Hasil Pembudidayaan perkebunan diwilayah ini.
Untuk itu dengan perhatian dan dukungan setiap stake holder yang terkait sangat diperlukan  dengan lebih banyak penyediaan anggaran untuk kepentingan pembangunan infrastruktur tersebut sehingga upaya aktualisasi potensi-potensi ekonomi pedesaan dapat tercapai sehingga nantinya dapat menciptakan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat pedesaan.
Oleh karenanya dengan proposal ini diharapkan dapat mewujudkan  rencana dari Kelompok Tani Terus Hidup Desa Duampanua Kecamatan Anreapi kab.Polewali Mandar dengan memanfaatkan dana dari pemerintah untuk menjadikan wilayah Kecamatan ini sebagai sentra produksi perkebunan Kakao yang maju dan berdaya saing yang kuat.

Duampanua,02 September 2011

Pengurus Kelompok Tani
Terus Hidup
Desa Duampanua Kec.Anreapi


.............................                                                                 ...............................
Ketua                                                                                    Sekretaris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................

KEGIATAN