Rabu, 06 Juni 2012

APA ITU PUPUK ORGANIK



POLMAN, 13 Oktober 2010

PUPUK ORGANIK
I. PENGERTIAN
    PUPUK ORGANIK adalah pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari sisa tanaman, kotoran hewan dan manusia. Disekitar kita terdiri dari berbagai pupuk oraganik hanya kita belum terbiasa mengelola bahan itu sehingga pupuk oraganik belum maksimal dimampaatkan. Setiap detik , menit kita memproduksi pupuk oraganik secara tidak sengaja, karena kita tidak bisa terlepas dari tanaman dan hewan. Bahkan kita ini adalah mahluk yang terdiri dari pupuk organik. Dari tanah, makan hasil tanah bahkan akan kembali ketanah. Sadarkah kita bahwa setiap saat kita memproduksi pupuk organic, semua binartang piaraan kita pasti berak dan kencing setiap hari, itu tidak bisa dihindari.
Agar kita mudah memahami tentang pupuk oraganik maka dibagi beberapa jenis yang termasuk pupuk organik antara lain sebagi berikut :
I. PUPUK ORGANIK PADAT
1. PUPUK  KANDANG
     PUPUK KANDANG adalah pupuk yang bahan dasarnya adalah pupuk yang bahan dasarnya dari kotoran ternak dan urin ternak. Misalnya sapi, kerbau, kambing, sapi, ayam potong bebek pokoknya yang berasal dari kotoran ternak itu namanya pupuk kandang. Pupik kandang bukan hanya menyuburkan tapi juga membantu dalam mentralkan racun logam berat didalam tanah. Memperbaiki struktur tanah, membantu penyerapan hara, dan mempertahanka kesuburan tanah.
Ternyata penggunaan pupuk kandang luar biasa mampaatnya dari perbaikan pisik dan komia tanah. Namun dalam perakteknya ditingkat petani belum maksimal karena tidak semua petani memahami tentang mamfaat pupuk organic itu. Keunggulan lain dari pupul kandang adalah mudah didapatkan sekaligus membersihkan kandang setiap hari bagi petani, ini juga sangat membantu dalam peningkatan kesehatan ternak. Bila ternak sehat dan kotoran ternak dimampaatkan sebagai pupuk organic maka tanaman kakao akan sehat pula sehingga peningkatan sumber ekonomi lebih maksimal. Jadi tree in one , Petani sehat, ternak sehat, tanaman sehat, ujung-ujungnya kantong petani sehat,
Meskipun Pupuk oraganik sangat bermampaat dari berbagai aspek terhusus dalam perbaikan kesuburan lahan tapi kemampuan kita memotivasi petani dalam penggunanan pupuk oraganik ini tidak maksimal maka hasilnya juga akan kurang. Jadi mungkin kedepan untuk mengantisipasi meningkatnya harga pupuk dan keinginan pasar tentang produk pertanian yang berbau organic maka kini saatnya training kedepan pokus pada pelatihan dan peraktek penggunaan pupuk oraganik secara maksimal dikebun-kebun belajar agar danpaknya bagi petani lebih terasa.

2. PUPUK HIJAU
    Adalah pupuk yang husus berasal dari tanaman yang masih segar, daun, tangkai, akar dan batang yang dibenam dalam tanah nanti setelah lapuk baru dimampaat untuk tanaman. Umumnya tanaman bisa digunakan untuk pupuk hijau ini hanya butuh proses yang lama. Bahan pupuk oraganik hujau daun ini bertujuan untuk meningkatkan kandungan unsure hara nitrogenahan pupuk oraganik hujau daun ini bertujuan untuk meningkatkan kandungan unsure hara nitrogen.
Pembuatan pupuk hijau ini tidak terlalu sulitbagi petani kakao da secara umum petani tanaman perkebunan, cukup mengumpulkan daun-daunan, ranting ditempat husus baru diberikan EM 4 itu sudah jadi pupuk hijau atau sering disebut pupuk bokasi. Bahan dasarnya aa dalam kebun, objek yang akan dipupuk juga jelas.
Dampaknya bagi petani adalah kebun akan semakin bersih dari sanitasi daun-daunnan yang tidak jelas arahnya kemana, Petani hanya mengumpulkan disatu tempat dengan perlakuan yang sangat sederhana maka jadilah pupuk hijau. Kebun bersih, pupuk jadi, tanaman subur maka petani akan bersemangat mengontrol kebunnya. Setiap kebun pasti banyak daun-daun hijau tinggal petani mengarahkan daun-daun itu untuk jadi pupuk ( Organik).
3. KOMPOS
    PUPUK KOMPOS berasalal dari bahan organic baik dari tanaman dan hewan, jadi perpaduan dua jenis bahan organic dari tanaman dn hewan itu yang dimanama ppupuk kompos. Bisa juga dinamakan pupuk kompas karena pupuk ini mepercepat tingkat kesuburan tanah. Sebenarnya kompos ini ada dimana-mana disekitar tempat tinggal petani, malah hidup berbaur dengan kompos. Hanya pemahaman akan keberadaan kompos bagi tanaman kakao belum maksimal karena pikiran petani hanya pupuk kimia yang paling baik. Dari berbagai kenyataan dalam kehidupan sehari-hari semua tanaman yang dekat dengan kandang sapi, kerbau, kambing, sapid an tempat ayam bertengger dimalam hari umumnya tanaman disekitarnya adalah subur dan lengkap dengan unsure hara ( NPK ).
4. HUMUS TANAH ATAU TOP SOIL
    Pupuk top soail ini terjadi secara alamiah dihutan berupa pelapukan bertahun-tahun baik daun akar, batang dihutan belantara. Proses ini atau pelapukan ini dilakukan dengan bantuan mikro organism tanah. Keberadaan humus ini sangat membantu tanaman terbukti hutan-hutan tetap subur eskipun tidak pernah dipupuk selama hidupnya. Dialam ini telah disiapkan dengan penuh keseimbangan. Ada pemakan ada yang dimakan, ada perusak ada yang dirusa, dan ada yang memperabaiki kembali itulah manusia ( kita petani).
Alam ini aka sangat rusak bila tidak sejak dini diupayakan untuk dipelihara secara berkesinambungan. Sulit dibayangkan seperti apa tanah tahun 2020 akan datang sekiranya pupuk

Organic tidak dimampaatkan untuk perbaikan tanag-tanah keritis.
 berkesinambungan. Sulit dibayangkan 10 20 tahun akan datang seperti apa kondisi tanah yang

 diginakan hari ini. Oleh karena itu go to natue adalah sangat penting artinya hari ini. Ditambah lagi konsumen banyak mencari produk yang organic yang bebas dari bahan pestisida.


II. PUPUK ORGANIK CAIR
     Yang dimaksud dengan pupuk organic cair adalah berasal dari kotoran  hewan yang berupa URINE,PUPUK CAIR LIMBAH ORGANIK, PUPUK CAIR LIMBAH MANUSIA, Effective microorganism (EM)
JENIS TERNAK
JENIS KOTORAN
KANDUNGAN NITROGEN
KANDUNGAN POSPOR
KANDUNGAN KALIAUN
KANDUNAGN KALSIUM
Sapi
Padat
cair
0,33
0,52
0,11
0,01
0,13
0,56
0,26
0,007

Kerbau
Padat
Cair
0,26
0,62
0,08
-
0,14
1,34
0,33
-
Domba
Padat
cair
0,65
1,43
0,22
0,01
0,14
0,55
0,33
0,11
Babi
Padat
cair
0,57
0,31
0,17
0,06
0,38
0,81
0,06
-
Kuda
Padat
cair
0,56
1,24
0,13
0,004
0,23
1,24
0,12
0,32

Sumber : Membuat pupuk kompos cair oleh Sukamto Hadisumito.
Tabel ini menunjukan bahwa kandungan unsur macro juga ada yang dibutuhkan tanaman. Sekarang tigaggal kita yang plih mana yang lebih efektif digunakan apakah padat atau cair. Ternyta petani dikelilingi pupuk padat dan cair. Setiap hari ternak pasti berak dan kencing merupak penghasil pupuk raksasa disekitar rumah. Sulit dibayang kalau petani pelihara 4 ekor sapi berapa pupuk oraganik yang diproduksi lewat dengan urin dan berak.
III. KEUNGGULAN DAN MAMPAAT PUPUK ORGANIK
       1. Memberikan unsur hara tanaman makro dan dan mikro meskipun dalam jumlah
            Jumlah terbatas .
        2.Sebagai pelarut sisa-sisa pupuk urea, tsp,kcl, dalam tanah.
        3. Sebagai soil kondisioner, yaitu sebagai bahan perbaikan pisik tanah agar tanah men-
            Jadi gembur kembali secara bertahap.
        4. Sebagai ZPT ( Zat perangsang tumbuh) yaitu memperbaiki pertumbuhan vegetative
            Tanaman, merangsang pembuuahan dan mencegah bunga dan buah rontok.
        5. Sebagai pengendali hama alami yaitu mengurangi tingkat serangan hama dan penyakit
             Terutama penyakit pisiologis. Cara kerjanya tidak sama kimia.
        6.  Sebagai penumbuh planktondan penetralisir senyawa kimia berbahaya pada kolam
              Atau ternak.
        7. Sebagai food supplement dan mineral supplement pada unggas dan ikan.
        8. Menurunkan tingkat kematian pada unggas dan ikan dalam tambak.
        9. Memperbaiki aerasi dan drainase,meningkatkatkan pengikatan antar partikel,                
             Mencegah erosi dan lonsor, merevilitasi daya olah tanah. ( Aspek fisik tanak).
        10. Meningkatkan kapasitas tukar kation kation (KTK), meningkatkan pelapukan bahan
             Mineral. ( Aspek kimia Tanah)
        11. Menjadi sumber makanan bagi mikroorganisme tanah seperti fungi, bakteri, serta
               Mikroorganisme lain yang bermampaat lainnya sehingga perkembangannya menjadi
               Lebih cepat.
        12. Memiliki daya simpan air ( water holding capacity) yang tinggi.
        13. Memiliki residual effect yang positif, sehingga tanaman yang ditanam pada musim
              Berikutnya tetap bagus produktifitasnya.

IV. HORMON
        Hormon tumbuhan adalah senyawa-senyawa dalam jumlah yang kecil yang turut mengatur proses pertumbuhan. Hormon tumbuhan mengandung zat yang sipatnya organic yang sangat mebantu perkembangan dan pertumbuhan tanaman secara umum akar , batang, ranting, daun bungan dan buah.


IV. PUNGSI HORMON PADA TUMBUHAN
AUXIN
1. Beberapa pungsi auxin pada tumbuhan sebagai berikut :
    -  Memudahkan biji berkecamabah
    -  Memacu proses terbentuknya akar tumbuhan dengan baik.
    -  Merangsang pembungaan dan pembuahan
    -  Mendorong partenokrapi ( Tanaman berbuah tampa lewat penyerbukan).
    -   Mengurangi gugurnya buah sebelum waktunya
    -  Mematahkan dominansi pucuk/apical yaitu suatu kondisi dimana pucuk tanaman atau akar tanaman tidak mau berkembang.

GIBERELIN
Beberapa pungsi giberelin pada tumbuhan sebgai berikut :
-  Mempercepat proses pembelahan sel
-  Meningkatkan pembungaan
-  Memacu proses perkecambahan biji.
-          Memacu pembentukan ensin yang melunakan dindin sel terutama ensin proteolitik yang akan melepaskan amino triptopan sehingga kadar auxin meningkat.
-          Merangsan pembentukan polihidroksi asam sinamat, yaitu senyawa yang menghambat kerja dari ensim IAA oksisidase dimana ensinini merupakan ensin perusak auxin.
-          Meransan terbentuknya ensin amylase sehingga sel memanjang.
-          Mempercepat pembuahan tanpa penyerbukan alami ( partenkrapi)

SITOKININ
Beberapa pungsi sitokinin sebagai berikut :
-   Mempercepat  pembelahan dan pembesaran sel tumbuhan
-   Mempercepat perkecambahan biji tumbuhan
-   Mempercepat pertumbuhan tunas-tunas baru yang dipacu oleh sitokinin.
-   Penundaanpenuaan pada hasil panennsehingga buahan lebih awet.
-   Menaikkan tingkat mobilitas unsure-unsur dalam tanaman
V.    Beberapa contoh tanaman kakao yang menggunakan Pupuk organic dan hormone.
      
        1. Gambar tanaman kakao di Demplot aska Tapango polman.





 

 

  Pohon kakao sambung samping di demplot ASKA Tapango, dengan penyemprotan rutin hormonik maka tanaman kakao semakin Nampak hijau dan segar.
PUPUK ORGANIK ADALAH SOLUSI PERKEBUNAN YANG BERKELANJUTAN
Pupuk organic sebagai pupuk penyelamat lingkungan
Pupuk organik adalah sahabat petani sepanjang waktu
Pupuk organic diproduksi petani setiap hari oleh hewan ternaknya
Selamatkan alam, tanaman, manusia dengan perkebunan berbasis organic.

by. nurjamal budiman (Pemerhati Lingkungan Pertanian yang berkelanjutan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................