Manajemen
agribisnis
Banyak ahli yang
memberikan definisi tentang manajemen diantaranya:
1.
Harold koontz & o’ donnel dalam bukunya yang
berjudul “principles of management” mengemukakan, “manajemen adalah berhubungan
dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang
lain”. jadi manajemen :upaya yg
bijaksana dalam menggunakan sarana utk mencapai tujuan atau manajemen : bagaimana cara manajer (orangnya)
mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi pembantunya agar
usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya)
2.
George r. Terry dalam buku dengan judul “principles
of manajemen” memberikan definisi: “ manajemen adalah suatu proses yang
membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan dan
pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan
tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
3.
James a. F. Stoner, menyatakan bahwa “manajemen
adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang-orang”. jadi manajemen : tindakan untuk mengatur atau
seni mengatur sesuatu yang meliputi
pelaksanaan dan pengawasan tindakan (apa yg dikerjakan dalam manajemen dan
bagaimana fungsi manajemen)
Kesimpulan:
1.
Kegiatan/orang-orang
2.
Tujuan yg ingin dicapai
3.
Dalam wadah organisasi
Fungsi manajemen
§Fungsi manajemen : berbagai jenis tugas atau
kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
§Fungsi manajemen
A. Planning
(perencanaan)
B. Organizing
(pengaturan)
C. Coordinating
(pengkoordinasian)
D. Actuating
(penggerakkan)
E. Controlling (pengawasan)
F. Directing
(pembinaan kerja)
G. Communicating
(komunikasi)
§Commanding (pemberian komando)
§ reporting (pelaporan)
J. Budgeting (anggaran
Pandangan dalam fungsi manajemen
1.
Manajemen sebagai pekerjaan :kegiatan dari fungsi
manajemen
2.
Manajemen sebagai faktor produksi : performance gap
akibat adanya kecakapan manajejer dlm meramu program
3.
Manajemen sebagai prosedur/tahapan pemecahan masalah:
tahap berpikir (menetapkan tujuan s/d merumuskan rencana aksi), tahap aksi dan tanggung jawab, dan proses
mental (evaluasi)
Keberhasilan manajer
§Mempunyai motivasi (drive)
§Dapat membuat tujuan (smart)
§Dapat menggunakan kekuatan
dirinya
§Menekankan pada produktivitas
yang baik
§Konsentrasi pada hal-hal
penting
§Berani mengambil resiko
§Membina hub baik dgn
orang-orang yg mempengaruhi bisnisnya
§James nielson (1962)
keberhasilan manajemen fungsi dari pengalaman, motivasi, kecakapan
Manajemen : game of life
·
Sukses manajer ditentukan satu faktor yakni diri
seorang manajer. Krn within you is the power to became what ever you want to
be. Sukses atau gagal tgt pada diri seorang manajer
·
Manajer
yg baik
§Mau memecahkan masalah dan berani mengambil
resiko
§Dapat merinci maksud dan tujuan usaha
§Selalu belajar, berfikir dan berbuat
§Dapat melihat masalah dengan jernih
§Dapat menyusun sistim prioritas
§Mempunyai ambisi, suka bekerja keras,
agresif, cerdas, dan cakap
§Dapat bekerjasama dengan orang lain
§Berpandangan luas
§Dapat membagi waktu kapan harus bekerja dan
istirahat
Organisasi bisnis
§An organization is a system for the
coordination of activities of a group of people working together toward a
common goal within a specified pattern of authority and leadership.
§As defined above, four basic elements are
necessary to form an organization. It requires "a system for the
coordination of activities," which emphasizes the fact that organizational
activities must be geared to a logical relationship or sequence. An
organization also requires "a group of people to give it life. There must
exist effort "toward a common goal" in order to lend purpose to the
actions of people. Finally, an organization cannot exist without a
"pattern of authority and leadership." while authority permeates all
segments of an organization,
§Leadership is a human quality which may or
may not be found in the manager of a firm.
§Does business firm contain all four elements?
If so, it can properly be referred to as a true business organization.
§Apa beda organisasi bisnis
dengan organisasi yg lain (misal organisasi pemerintah)?
§Apa tujuan organisasi bisnis?
§Apa yg membedakan agribisnis dengan bisnis yg lain?
Jawaban
§Organisasibisnis dijalankan
utk menciptakan profit maks bagi pemiliknya
sedangkan organisasi pemerinth dijalankan untuk benefit bagi masyarakat
§Tujuan bisnis : menciptakan
kebutuhan pelanggan dan menciptakan nilai tambah (sumber : peter drucker)
§Agribisnis vs bisnis lain:
§Pandangan tradisional : biere (1938) agribisnis : aktivitas-aktivitas di luar
pintu gerbang usahatani (beyond the farm gate, off-farm) yang meliputi
kegiatan industri dan perdagangan sarana produksi usahatani, kegiatan industri
yang mengolah produk pertanian primer menjadi produk olahan beserta perdagangannya,
dan kegiatan yang menyediakan jasa yang dibutuhkan seperti misalnya perbankan,
angkutan, asuransi atau penyimpanan.
§Pandangan modern, davis dan goldberg (1957) :
"agribusiness is the sum total of all operations involved in the
manufacture and distribution of farm supplies; production activities on the
farm; and storage, processing and distribution of commodities and items made
from them".
§Perbedaan tradisional dan modern?
§Di as : peranan
sektor pertanian 1 %, sektor industri dan jasa pertanian 13 %. Sementara di ina : peranan jasa dan industri pertanian 33 % dan sektor pertanian 20 %.
ØApa
kesimpulannya, contoh antara as dan ina
tadi ttg peranan agribisnis thd gdp?
ØBagaimana
prospek pengembangan agribisnis di ina
(sbg motor pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja dan penanggulangan kemiskinan)
§Negara dengan pendapatan perkapita tinggi,
sumbangan sektor pertanian thd gdp menurun sementara peranan sektor agribisnis
meningkat
§Indonesia masih memiliki ruang gerak yg luas bagi
pengembangan agribisnis (pangsa industri dan jasa = 63 % sementara as sudah 91
%
Teori organisasi dan manajemen bisnis
§Revolusi industeri memunculkan industri besar
yg membutuhkan pengembangan bentuk organisasi dan praktek manajemen yg baru
qTeori klasik : organisasi sistem tertutup yg
tidak mempertimbangkan pengaruh internal dan eksternal
§Manajemen ilmiah (taylor) : manajemen sbg
ilmu dan bukan hanya pendekatan individual berdasar pengalaman. Manajemen :
perencanaan,standarisasi,dan peningkatan efisiensi kerja manusia. (manusia sbg
objek)
§Manajemen administratif (henry fayol : bapak
teori manajemen) : unsur administrasi sbg fungsi manajemen : perencanaan,
organisasi, komando, koordinasi, dan kontrol
§Manajemen birokratis (weber) : birokrasi sbg
bentuk paling efisien utk organisasi yg kompleks. Manajemen : hirarki wewenang
yg jelas, pembagian kerja berdasarkan spesialisasi fungsi, sistem prosedur
kerja,penempatan pegawai berdasar kemampuan teknis
§Terori modern : organisasi
sistem terbuka yg berinteraksi dengan lingkungannya
§Konsep sistem : saling
hubungan antar berbagai sub sistem dalam organisasi : subsistem sasaran dan
nilai, teknik, struktur, psikososial, dan manajerial. Subsistem manajerial :
mengintegrasikan antar sub sistem dan menghubungkan organisasi dgn lingkungan luarnya
§Konsep contigency : harus ada kesesuaian antara organisasi dan
lingkungan luarnya dan antar berbagai subsistemnya (organisasi mendapat input
dari lingkungan luar, ditransformasi oleh subsistem menjadi ouput untuk dikonsumsi
lingkungan luar dan menghasilkan kembali input bagi organisasi).
Tugas
§Apa berbedaan antara manajemen
agribisnis dan non agribisnis