Rabu, 07 November 2012

MANAJEMEN AGRIBISNIS


Manajemen agribisnis
Definisi manajemen
Banyak ahli yang memberikan definisi tentang manajemen diantaranya:
1.      Harold koontz & o’ donnel dalam bukunya yang berjudul “principles of management” mengemukakan, “manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain”. jadi manajemen :upaya yg bijaksana dalam menggunakan sarana utk mencapai tujuan  atau manajemen : bagaimana cara manajer (orangnya) mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi pembantunya agar usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya)
2.      George r. Terry dalam buku dengan judul “principles of manajemen” memberikan definisi: “ manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
3.      James a. F. Stoner, menyatakan bahwa “manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang-orang”. jadi manajemen : tindakan untuk mengatur atau seni       mengatur sesuatu yang meliputi pelaksanaan dan pengawasan tindakan (apa yg dikerjakan dalam manajemen dan bagaimana fungsi manajemen)

Kesimpulan:
1.      Kegiatan/orang-orang
2.      Tujuan yg ingin dicapai
3.      Dalam wadah organisasi
Fungsi manajemen
§Fungsi manajemen : berbagai jenis tugas atau kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
§Fungsi manajemen
A. Planning (perencanaan)
B. Organizing (pengaturan)
C. Coordinating (pengkoordinasian)
D. Actuating (penggerakkan)
E.  Controlling (pengawasan)
F. Directing (pembinaan kerja)
G. Communicating (komunikasi)
§Commanding (pemberian komando)
§  reporting (pelaporan)
J. Budgeting (anggaran 

Pandangan dalam fungsi manajemen
1.      Manajemen sebagai pekerjaan :kegiatan dari fungsi manajemen
2.      Manajemen sebagai faktor produksi : performance gap akibat adanya kecakapan manajejer dlm meramu program
3.      Manajemen sebagai prosedur/tahapan pemecahan masalah: tahap berpikir (menetapkan tujuan s/d merumuskan rencana aksi),  tahap aksi dan tanggung jawab, dan proses mental (evaluasi)

Keberhasilan manajer
§Mempunyai motivasi (drive)
§Dapat membuat tujuan (smart)
§Dapat menggunakan kekuatan dirinya
§Menekankan pada produktivitas yang baik
§Konsentrasi pada hal-hal penting
§Berani mengambil resiko
§Membina hub baik dgn orang-orang yg mempengaruhi bisnisnya
§James nielson (1962) keberhasilan manajemen fungsi dari pengalaman, motivasi, kecakapan




Manajemen : game of life
·         Sukses manajer ditentukan satu faktor yakni diri seorang manajer. Krn within you is the power to became what ever you want to be. Sukses atau gagal tgt pada diri seorang manajer
·         Manajer yg baik
§Mau memecahkan masalah dan berani mengambil resiko
§Dapat merinci maksud dan tujuan usaha
§Selalu belajar, berfikir dan berbuat
§Dapat melihat masalah dengan jernih
§Dapat menyusun sistim prioritas
§Mempunyai ambisi, suka bekerja keras, agresif, cerdas, dan cakap
§Dapat bekerjasama dengan orang lain
§Berpandangan luas
§Dapat membagi waktu kapan harus bekerja dan istirahat          
Organisasi bisnis
§An organization is a system for the coordination of activities of a group of people working together toward a common goal within a specified pattern of authority and leadership.
§As defined above, four basic elements are necessary to form an organization. It requires "a system for the coordination of activities," which emphasizes the fact that organizational activities must be geared to a logical relationship or sequence. An organization also requires "a group of people to give it life. There must exist effort "toward a common goal" in order to lend purpose to the actions of people. Finally, an organization cannot exist without a "pattern of authority and leadership." while authority permeates all segments of an organization,
§Leadership is a human quality which may or may not be found in the manager of a firm.
§Does business firm contain all four elements? If so, it can properly be referred to as a true business organization.

§Apa beda organisasi bisnis dengan organisasi yg lain (misal organisasi pemerintah)?
§Apa tujuan organisasi bisnis?
§Apa yg membedakan  agribisnis dengan bisnis yg lain?
Jawaban
§Organisasibisnis dijalankan utk menciptakan profit maks bagi  pemiliknya sedangkan organisasi pemerinth dijalankan untuk benefit bagi masyarakat
§Tujuan bisnis : menciptakan kebutuhan pelanggan dan menciptakan nilai tambah (sumber : peter drucker)
§Agribisnis  vs bisnis lain:

§Pandangan tradisional : biere (1938)  agribisnis : aktivitas-aktivitas di luar pintu gerbang usahatani (beyond the farm gate, off-farm) yang meliputi kegiatan industri dan perdagangan sarana produksi usahatani, kegiatan industri yang mengolah produk pertanian primer menjadi produk olahan beserta perdagangannya, dan kegiatan yang menyediakan jasa yang dibutuhkan seperti misalnya perbankan, angkutan, asuransi atau penyimpanan.
§Pandangan modern, davis dan goldberg (1957) : "agribusiness is the sum total of all operations involved in the manufacture and distribution of farm supplies; production activities on the farm; and storage, processing and distribution of commodities and items made from them".
§Perbedaan tradisional dan modern?


§Di as : peranan sektor pertanian 1 %, sektor industri dan jasa pertanian 13 %.  Sementara di ina :  peranan jasa dan industri  pertanian 33 % dan sektor pertanian  20 %.
ØApa kesimpulannya, contoh  antara as dan ina tadi ttg peranan agribisnis thd gdp?
ØBagaimana prospek pengembangan  agribisnis di ina (sbg motor pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja dan penanggulangan kemiskinan)


§Negara dengan pendapatan perkapita tinggi, sumbangan sektor pertanian thd gdp menurun sementara peranan sektor agribisnis meningkat
§Indonesia masih memiliki ruang gerak yg luas bagi pengembangan agribisnis (pangsa industri dan jasa = 63 % sementara as sudah 91 %
Teori organisasi dan manajemen bisnis
§Revolusi industeri memunculkan industri besar yg membutuhkan pengembangan bentuk organisasi dan praktek manajemen yg baru
qTeori klasik : organisasi sistem tertutup yg tidak mempertimbangkan pengaruh internal dan eksternal
§Manajemen ilmiah (taylor) : manajemen sbg ilmu dan bukan hanya pendekatan individual berdasar pengalaman. Manajemen : perencanaan,standarisasi,dan peningkatan efisiensi kerja manusia. (manusia sbg objek)
§Manajemen administratif (henry fayol : bapak teori manajemen) : unsur administrasi sbg fungsi manajemen : perencanaan, organisasi, komando, koordinasi, dan kontrol
§Manajemen birokratis (weber) : birokrasi sbg bentuk paling efisien utk organisasi yg kompleks. Manajemen : hirarki wewenang yg jelas, pembagian kerja berdasarkan spesialisasi fungsi, sistem prosedur kerja,penempatan pegawai berdasar kemampuan teknis
§Terori modern : organisasi sistem terbuka yg berinteraksi dengan lingkungannya
§Konsep sistem : saling hubungan antar berbagai sub sistem dalam organisasi : subsistem sasaran dan nilai, teknik, struktur, psikososial, dan manajerial. Subsistem manajerial : mengintegrasikan antar sub sistem dan menghubungkan organisasi dgn lingkungan luarnya
§Konsep contigency  : harus ada kesesuaian antara organisasi dan lingkungan luarnya dan antar berbagai subsistemnya (organisasi mendapat input dari lingkungan luar, ditransformasi oleh subsistem menjadi ouput untuk dikonsumsi lingkungan luar dan menghasilkan kembali input bagi organisasi).
Tugas
§Apa berbedaan antara manajemen agribisnis dan non agribisnis

KEGIATAN