Jumat, 10 Januari 2014

RENCANA USAHA WARUNG SEMBAKO

Pengembangan Rencana Usaha Warung Sembako


Pengembangan Rencana Usaha Warung Sembako

Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Perusahaan
Membuka usaha memang menjadi impian banyak orang, sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari situ. Selain bisa menjadi bos dari diri sendiri, jam kerja bisa diatur dengan fleksibel juga potensi penghasilan yang bisa lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Selain itu dengan membuka usaha sendiri kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga membantu orang lain dengan memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita. Karena itu saya turut mendukung niat Anda untuk membuka usaha.
Adapun bidang usaha yang penulis minati adalah usaha sembako, dengan alasan kebutuhan pokok masyarakat ini tidak pernah habis. Terutama Ibu Rumah Tangga yang sedari dulu sudah sangat sadar perlunya kebutuhan tersebut.
Bab II
Landasan Teori
2.1  Identifikasi Usaha
·         Nama Usaha       : Buana Nusantara
·         Pemilik Usaha     : Nurjamal Budiman
·         Alamat Usaha      : Makassar
Contact Person   : 089332100012
2.2 Ruang Lingkup Usaha
Ruang Lingkup usaha yang saya jalankan masih disekitar perumahan saya. Sebab usaha ini masih merupakan usaha kecil-kecilan.
Tujuan Usaha :
1.            Mendapatkan keuntungan

2.      Mempermudah teman-teman kampus dalam membeli pulsa karena mereka bisa membeli hanya dengan mengirimkan sms pada saya
2.3 Struktur Organisasi
Saya membuka Usaha ini hanya terdiri dari saya seorang saja. CEO, General Manager, Marketing, Financial, Production, semua dilakukan sendiri.

2.4 Klasifikasi Organisasi
  • CEO
Mengontrol, memonitor semua kegiatan yang ada didalam usaha dan mampu membaca laporan keuangan di usaha warung serta dapat mengambil keputusan.
  • General Manager
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi usaha.
  • Financial Manager
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan usaha, dan dapat mengatasi masalah keuangan.
  • Marketing Manager
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang usaha warung sembako ini melalui berbagai media.
  • Production Manager
Bertanggung jawab pada produksi dan menginovasikan yang akan diperjual belikan.
Bab III
Analisa Masalah
3.1 Modal awal
Untuk membeli saldo atau deposit peralatan = Rp 1.700.000
Total biaya awal perlengkapan = Rp 7.000.000 Total modal awal = Rp 8.700.000
3.2 Penentuan Harga Jual
Jika harga beli sembako dengan nominal mulai dari harga Rp. 5.000 sampai dengan seharga Rp. 23.000

3.3 Penentuan Harga Produksi
No
Pengeluaran
Harga
1.
Buku Catatan
Rp. 10.000
2.
Pulpen
Rp. 1.000
3.
Telepon Genggam
Rp. 200.000
4.
Sembako  Untuk Operasional Sebulan
Rp. 10.000.000

Total
Rp. 10.211.000

Saldo atau deposit Rp 8.700.000 diperkirakan akan habis dalam 6 bulan.

Total modal awal : keuntungan per bulan = Rp 8.700.000 : Rp 7.400.000 = 1,18 bulan (99 hari)
3.3 Sumber Daya Manusia
Saya tidak menambahkan Sumber daya Manusia dalam usaha saya. sebab seluruh usaha saya yang menjalankan seorang diri.
3.4 Pemasaran
Wilayah yang saya jadikan target usaha yaitu di sekitar Bekasi Utara. Alasan hanya di Bekasi Utara, karna usaha ini masih termasuk usaha kecil-kecilan.
Bab IV
Pembahasan Masalah
4.1 SWOT
SWOT

1. Strength / Kekuatan
·         Harga yang tidak terlalu tinggi
·         Pengiriman yang cepat
·         menjual berbagai jenis sembako yaitu, beras, gula , minyak , sarden, telor , sabun mandi , sabun  cuci, rempah rempah, shampoo, kecap, rokok, dll.

2. Weakness / Kelemahan
·         Banyaknya pesaing
·         Keuntungan kecil
·         Etalase yang masih kecil
3. Opportunities / Kesempatan
·         Berkembangnya dunia SDM
·         Menjadikan Peluang bisnis yang menjanjikan
4. Threat / Ancaman
·         Banyak persaingan berdagang
·         Ada jenis sembako yang sama
·         Harga produk competitor bersaing
·         Banyaknya pesaing yang meniru konsep yang telah kita buat.
TOWS
1.   SO : Strength / Opportunities
  • Produk sembako ini tersedia untuk semua SDM sehingga produk ini dapat digunakan semua kalangan.
  • Produk sembako ini harga terjangkau dikalangan SDM.
2   WO : Weakness / Opportunities
  • Belum memiliki cukup pengalaman dalam memulai usaha warung sembako.
3  ST : Strength / Threat
  • Banyaknya konsumen karena bisa dipastikan bahwa semua orang yang memiliki kebutuhan sembako untuk sehari hari.
4  4. WT : Weakness / Threat
  • Rendahnya kesadaran pembeli di kalangan SDM  untuk membayar sembako tepat waktu.
Bab V
Kesimpulan

Usaha warung sembako kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena akan menghasilkan omset yang tinggi. Namun wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan maka seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha berkembang dengan cepat. Dan juga kami akan terus melakukan inovasi agar konsumen terus berlangganan kepada kami.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................