Rabu, 06 November 2013

CARA MENGATASI RAMBUT UBAN SECARA ALAMI

Cara Mudah Mengatasi Rambut Uban Secara Alami dan Aman


      Sebelum kita membahas tentang tips mengatasi rambut beruban ada baiknya kita mengenal penyebab-penyebab dan faktor- faktor yang menjadikan rambut kita jadi beruban.

Penyebab Rambut Uban

      Munculnya rambut uban merupakan gejala adanya gangguan pada sintesa protein. Sel melanosit jadi tak mampu lagi menghasilkan pigmen ( melanin ) sehingga rambut menjadi kehilangan warna. Proses kejadian ini seringkali dihubungkan dengan bertambahnya usia. Namun ada juga penyebab lain yang bisa mendorong munculnya uban walau usia masih muda. Faktor genetik merupakan faktor pencetus yang cukup kuat. Jika ayah atau ibu Anda sudah beruban ketika menginjak usia 30-an, Anda pun kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama.

      Stres, kurang gizi, syok, kekhawatiran atau kesedihan yang terlalu dalam, ketegangan, dan sakit keras juga bisa memperlambat produksi melanin sehingga muncullah rambut putih atau uban. Ada yang percaya bahwa kalau uban kita cabut, maka uban yang muncul akan semakin banyak. Ini hanya mitos saja. Saat ada satu uban muncul, berarti pertanda ada masalah dengan produksi melanin. Dengan demikian, pada saat uban dicabut, kemungkinan besar memang sudah ada beberapa uban lain yang akan tumbuh.


Tips Cara Mengatasi Rambut Uban Secara Alami:

  1. Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut dan remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Banyak wanita yang melakukan hal ini setiap hari, rambutnya bisa tetap hitam sampai usia 60-an.
  2. Ambil secangkir teh yang pekat dan tambahkan satu sendok makan garam. Setelah dingin, tuangkan rata ke rambut dan pijat-pijat kulit kepala. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo.
  3. Untuk menghitamkan rambut yang sudah terlanjur beruban, ada produk alami dari tumbuhan di India, yaitu henna atau di sini dikenal sebagai pacar rambut.
  4. Memberi nutrisi yang cukup pada rambut. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.
  5. Vitamin B berperan dalam melancarkan produksi minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Vitamin B banyak terdapat dalam sayuran hijau daun, sereal, hati, yogurt, pisang.
  6. Mineral yang esensial bagi rambut adalah zinc, zat besi, dan copper. Banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut (sea food).
  7. Protein, terutama nabati amat penting untuk menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap bersinar. Banyak terdapat dalam biji-bijian, terutama kedelai.

Berikut adalah gejala awal dan penyebab timbulnya ketombe berlebihan :

  1. Kulit berminyak. Banyak orang percaya bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering. Namun, ketombe juga dijumpai pada kulit kepala berminyak. Lapisan minyak yang berlebihan pada kulit kepala dapat mengering, menebal dan menjadi serpihan dalam bentuk ketombe.
  2. Keringat. Jika Anda berolahraga secara teratur, Anda berkeringat lebih banyak, yang juga bisa menyebabkan ketombe terutama jika Anda tidak berkeramas sesering yang seharusnya.
  3. Jamur. Bentuk tertentu dari ketombe juga diyakini disebabkan oleh jamur pada kulit kepala. Karena jamur ini tidak dapat dihilangkan sepenuhnya maka ketombe juga tidak dapat dibasmi habis, hanya bisa dikontrol.
  4. Faktor lainnya termasuk: cuaca dingin, penggunaan semprotan dan minyak rambut, sampo yang tidak sesuai,  bilasan sampo yang kurang bersih, jarang mencuci rambut, diet, stress dan gangguan hormon.
  5. Penggunaan kosmetik rambut yang mengandung bahan penyebab iritasi itu, bisa menimbulkan ketombe. Selain itu, sampo yang mengandung detergen ( sodium lauryl sulphate ) dapat menyebabkan iritasi.
  6. Makanan juga memengaruhi timbulnya ketombe. Faktor nutrisi yang berperan adalah defiensi biotin, abnormalitas metabolisme asam lemak bebas, serta defisiensi riboflavin dan piridoksin. Beberapa jenis makanan juga bisa memengaruhi keparahan ketombe, seperti mentega dan makanan yang digoreng. “Es krim, susu, keju, refined sugar (gula pasir murni) dan makanan yang terlalu panas, pedas juga menjadi makanan yang memicu ketombe,”
  7. Stres bisa menjadi pemicu, Dwipayana menyebutkan, karena saat itu akan mengalami peningkatan pada hormon androgennya, yang kemudian berlanjut dan pemicu timbulnya kelenjar minyak berlebih hingga menyebabkan kulit kepala mudah lepas.
    Selamat mencobanya yang penting jangan mencabutin uban....... karena apa? Itu khan yang pasti ditanyaain hehehe..... Karena panjang penjelasanya maka lain kali aja dibahas kalau ada yang request penjelasannya.....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentarnya Disini...................